Anies dan Ganjar Tak Cocok Dipasangkan, Ini Alasannya - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Anies dan Ganjar Tak Cocok Dipasangkan, Ini Alasannya

Anies dan Ganjar Tak Cocok Dipasangkan, Ini Alasannya 

KONTENISLAM.COM - Menjelang pendaftaran calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pada September 2023 mendatang, publik kini ramai membicarakan sosok yang pantas maju sebagai pasangan capres dan cawapres.

Sejumlah nama dari tokoh bangsa satu persatu dipasangkan guna mencari kecocokan untuk memimpin Indonesia, di antaranya Anies Baswedan jika berpasangan dengan Ganjar Pranowo.

Pengamat politik Jamiluddin Ritonga berpendapat, pasangan Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo atau sebaliknya terkesan memang prospektif. Baik Anies maupun Ganjar sama-sama memiliki elektabilitas yang tinggi.

"Secara matematis, mereka bila dipasangkan akan memperoleh elektabilitas tinggi. Namun pendekatan matematis itu tampaknya tidak berlaku dalam politik, khususnya terkait elektabilitas. Sebab, dua sosok yang elektabilitas tinggi bila dipasangkan bisa jadi justru akan menurun,” kata Jamiluddin dalam keterangan tertulis, Kamis (2/6).

Anies dan Ganjar yang sama-sama memiliki elektabilitas tinggi kurang pas dipasangkan lantaran akan terjadi penurunan pemilih dan pendukung sama-sama saling meniadakan.

"Pendukung Anies bisa saja menarik dukungannya bila berpasangan dengan Ganjar. Begitu juga sebaliknya. Penyebabnya, pendukung Anies dan Ganjar seperti minyak dan air. Kedua pendukung kerap saling meniadakan,” katanya.

Oleh karena itu, kata Jamiluddin, bila kedua sosok itu disatukan, elektabilitasnya bukan bertambah tetapi bisa saja menjadi berkurang.

"Jadi, Anies dan Ganjar tampaknya kurang pas bila dipasangkan. Mereka lebih baik saling bertarung dengan memilih cawapres yang saling mengisi sehingga elektabilitas bertambah,’ tutupnya.

Sumber: RMOL

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
close