Brutal, Polisi India Terekam Pukuli Tahanan Muslim dalam Video Viral - KONTENISLAM.COM Berita Terupdate

Brutal, Polisi India Terekam Pukuli Tahanan Muslim dalam Video Viral

https: img.okezone.com content 2022 06 17 18 2613228 brutal-polisi-india-terekam-pukuli-tahanan-muslim-dalam-video-viral-RxI2dEah1e.jpg 

KONTENISLAM.COM - Sebuah video yang menunjukkan polisi India memukuli sekelompok pria Muslim dalam tahanan telah mengejutkan negara itu. 

Video itu viral dan dilihat oleh jutaan orang setelah dibagikan oleh anggota terpilih partai berkuasa Bharatiya Janata Party (BJP) yang memuji tindakan brutal polisi itu, menyebutnya sebagai “hadiah” bagi para tahanan Muslim itu.

Tidak ada tindakan yang diambil terhadap petugas yang terlibat. 

Keluarga dari mereka yang diserang mengatakan orang yang mereka cintai tidak bersalah dan harus dibebaskan.

"Ini saudaraku, mereka sering memukulinya, dia berteriak," kata Zeba keluarga salah seorang pria dalam video itu, sebagaimana dilansir BBC.

Zeba menangis, gemetar, saat dia memegang ponselnya untuk menyaksikan video mengerikan yang menunjukkan adiknya, Saif dipukuli.

"Saya bahkan tidak bisa melihat ini, dia dipukul sangat parah," katanya, saat dia dihibur oleh kerabat di rumahnya di Kota Saharanpur, India utara.

Rekaman itu menunjukkan dua polisi India menargetkan sekelompok pria Muslim yang ditahan, termasuk saudara laki-laki Zeba.

Petugas terlihat memukuli para pria itu dengan tongkat yang mereka ayunkan seperti tongkat baseball. Bunyi pukulan saat setiap pukulan mendarat diselingi oleh jeritan.

"Sakit, sakit...TIDAK!" beberapa dari kelompok itu berteriak saat mereka meringkuk ketakutan, bersandar ke dinding.

Saat pemukulan berlanjut, seorang pria berbaju hijau melipat tangannya dalam doa. 

Saif terlihat mengenakan tunik putih mengangkat tangan ke udara seolah menyerah.

Saif, (24), adalah satu dari puluhan pria Muslim yang ditangkap dan ditahan polisi India pekan lalu.

Ribuan orang berdemonstrasi di masjid kota Saharanpur setelah sholat Jumat (10/6/2022), bergabung dengan protes nasional atas pernyataan menghasut tentang Nabi Muhammad yang dibuat oleh Nupur Sharma, juru bicara nasional untuk Partai nasionalis Hindu Bharatiya Janata Party (BJP) yang berkuasa.

Partai tersebut kemudian menskorsnya di tengah protes dari negara-negara Muslim, dan mengatakan menentang penghinaan agama apapun.

Protes di Saharanpur sebagian besar berlangsung damai, dengan kerumunan orang berbaris dari masjid melewati toko-toko di kota.

Saat ketegangan meningkat, beberapa toko milik anggota mayoritas Hindu India diserang, dan dua pengusaha menderita luka ringan. 

Petugas menggunakan tongkat untuk membubarkan sebagian massa.

Dokumen polisi menuduh Saif dan 30 orang lainnya terlibat dalam kerusuhan, menghasut kekerasan, dan membahayakan nyawa, di antara tuduhan lainnya.

Namun, keluarga Saif mengatakan bahwa pria itu bahkan tidak ikut dalam protes tersebut dan tidak bersalah.

Mereka mengatakan dia meninggalkan rumah sekira jam 5 sore waktu setempat pada Jumat lalu, untuk memesan tiket bus untuk seorang teman, ketika dia ditangkap oleh petugas dan dibawa ke kantor polisi Kothwali, di Saharanpur.

Ketika Zeba mengunjunginya di sana, dia berkata bahwa dia melihat memar di tubuh saudara laki-lakinya: "Dia membiru karena semua pemukulan, dia bahkan tidak bisa duduk."

Video, yang dengan jelas menunjukkan kebrutalan polisi, menjadi viral setelah dibagikan oleh seorang pejabat terpilih dari BJP, Shalabh Tripathi, yang mempostingnya dengan judul, "hadiah balasan untuk para pemberontak".

Tripathi adalah mantan penasihat media untuk salah satu politisi paling kuat di India, Yogi Adityanath, kepala menteri negara bagian Uttar Pradesh, di mana insiden ini terjadi.

Belum ada kecaman dari rekaman itu dari pejabat partai, atau siapa pun di pemerintahan BJP.

Beberapa pria lain yang juga terlihat dalam video kebrutalan polisi itu telah diidentifikasi oleh kerabat mereka. 

Dalam rekaman lain, pria-pria itu terlihat dibawa ke sebuah van sebelum dibawa ke lokasi lain, dalam gambar-gambar ini, tanda kantor polisi Kothwali dapat diidentifikasi dengan jelas.

Laporan polisi juga mengutip kantor tersebut. Meski demikian, awal pekan ini polisi setempat membantah insiden itu terjadi di sana.

"Tidak ada insiden seperti itu yang terjadi di Saharanpur, ada dua hingga tiga video yang beredar di media sosial. Jika Anda menonton satu video dalam gerakan lambat - Anda akan melihat nama beberapa distrik lain di video itu," Akash Tomar, seorang perwira polisi senior, kepada BBC.

Tomar sejak itu mengatakan bahwa dia sedang bekerja untuk memverifikasi keaslian video tersebut, dan akan mengambil tindakan jika diperlukan.

Kelompok hak asasi manusia mengatakan ada iklim intoleransi yang berkembang di India sejak BJP berkuasa pada 2014, dengan meningkatnya pidato kebencian dan serangan yang menargetkan minoritas Muslim di negara itu. [Democrazy/bbc]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close