Catat! Zulkifli Hasan Janji Harga Minyak Goreng Akan Murah - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Catat! Zulkifli Hasan Janji Harga Minyak Goreng Akan Murah

zulkifli hasan 

KONTENISLAM.COM - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) berjanji segera menstabilkan harga pangan dan minyak goreng di Tanah Air, beberapa hari mendatang.

Janji itu diungkapkan Zulkifli Hasan seusai dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Rabu (15/6/2022), menggantikan Muhammad Lutfi.

Ketua Umum PAN itu mengatakan ada beberapa langkah yang akan dilakukannya dalam mengatasi persoalan minyak goreng dan menstabilkan harga pangan di Tanah Air.

“Sebulan lalu pernah diskusi dengan pengusaha sawit itu. Ada skala prioritas perintah Presiden yaitu Rp14.000 [harga minyak goreng curah]. Ada di tempat sampai barangnya Rp14.000. Nah itu yang tidak tuntas. Nah saya diskusi dengan teman-teman ada beberapa cara. Kalau itu dilakukan dengan cepat bisa mengatasinya,” ujar Zulkifli yang enggan merinci lebih lanjut di Kantor Kemendag, Jakarta Pusat, Rabu (15/6/2022).

Menurutnya, dia akan segera mengungkap strateginya tersebut secepatnya.

“Besok dong kan ini baru dilantik. Besok kita akan lihat pasar abis itu ke bawah,” imbuh besan Amien Rais itu.

Zulhas menyampaikan targetnya sebagai Mendag ke depan adalah ketersediaan pangan dan harganya yang terjangkau.

“Oleh karena itu fokusnya adalah pangan, ketersediaan pangan di dalam negeri ini penting sekali,” katanya.

Lebih lanjut, Zulhas pun mengaku akan segera menindaklanjuti rencana penghapusan minyak goreng curah dan menggantinya dengan kemasan sederhana.

Dia menilai sejatinya transisi tersebut tidak terlalu rumit lantaran selisih harganya yang tipis.

“Curah sama kemasan itu paling bedanya Rp500, itu problemnya kita selesaikan,” ucapnya.

Zulkifli Hasan resmi ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi mendag dalam reshuffle kabinet jilid III, Rabu (15/6/2022).

Zulhas mengisi kursi yang sebelumnya ditempati M. Lutfi yang dinilai gagal mengatasi krisis minyak goreng dan harga pangan.

Zulhas sudah malang melintang di dunia perpolitikan Tanah Air. Saat ini dia menjabat sebagai Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) periode 2019-2024.

Sebelumnya, Zulhas pernah menjabat sebagai Ketua MPR pada 2014-2019.

Zulhas di era kepemimpinan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga pernah menjabat Menteri Kehutanan pada 2009-2014.

Di internal partai, Zukifli Hasan pernah menjabat sebagai Sekjen pada 2005-2010. Ia mulai menjadi Ketua Umum PAN sejak 2015 hingga saat ini.

Dirinya saat itu menggantikan Hatta Rajasa yang kalah dalam Pilpres 2014 saat berpasangan dengan Prabowo Subianto. [terkini]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
close