Foto-Foto Fenomena Planet Sejajar Milky Way 24 Juni 2022, Keren Banget! - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Foto-Foto Fenomena Planet Sejajar Milky Way 24 Juni 2022, Keren Banget!

Foto-Foto Fenomena Planet Sejajar Milky Way 24 Juni 2022, Keren Banget! 

KONTENISLAM.COM - Fenomena langka lima planet dan Bulan yang sejajar di langit pagi ini, Jumat (24/6/2022), mendapatkan sambutan antusias oleh warganet.

Berdasarkan pantauan di internet, ternyata memang cukup banyak warganet yang rela bangun pagi dan ”berburu planet” lewat ponsel mereka. 

Lalu, hasilnya dibagikan ke media sosial. Bahkanbanyak sekali warganet yang mendapatkan foto yang luar biasa. Foto-foto tersebut mulai diunggah ke Twitter sejak pukul 4 pagi. 



Walaupun memang tidak semua berhasil mengabadikan kelima planet dengan sempurna, tetapi sebagian besar dari mereka mampu mengabadikan fenomena langka tersebut.

Salah satu dampak yang bisa dirasakan 5 planet sejajar ini sama dengan dampak jika terjadi fenomena gerhana Matahari atau Bulan yang dapat mempengaruhi tinggi rendahnya gelombang air laut. 


”Menariknya, fenomena langka ini bisa dilihat tanpa memerlukan alat khusus, selama cuaca cukup cerah,” kata peneliti di Institut Astronomi Universitas Edinburgh, Profesor Beth Biller. 

Sementara itu, peneliti di Pusat Riset Antariksa BRIN, Andi Pangeran, menjelaskan bahwa fenomena ini dapat disaksikan selama kurang lebih 50 menit, sesuai dengan waktu fajar masing-masing wilayah. 


”Sejak awal fajar astronomis atau 75 menit sebelum Matahari terbit sekitar pukul 04.30 waktu setempat, hingga akhir fajar bahari atau 25 menit sebelum Matahari terbit sekitar pukul 05.30 waktu setempat,” ujar Andi. 

Nah, bagi yang tidak sempat menyaksikan secara langsung fenomena ini, berikut rangkuman beberapa foto 5 planet sejajar yang diabadikan warganet di Twitter:

“Ini benar-benar terjadi. Fenomena Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus sejajar di 2022. Kita tidak akan bisa melihatnya lagi sampai 2040,” ujar pemilik akun @aaybaaann.



Menariknya, di sejumlah wilayah tampilan planet sejajar itu begitu jelas dengan mata telanjang. Bahkan bisa diabadikan lewat ponsel. Salah satunya, Guillermo Valdés (@guivaloz) yang membagikan foto Merkurius, Venus, Bulan, Mars, dan Jupiter melalui smartphone Google Pixel.

Tentu saja, tidak semua warganet bisa mengabadikan dengan sempurna. Pemilik akun @nnhaechn hanya bisa menangkap 3 planet saja.

Pemilik akun @bayubelongx mengaku bersyukur bisa mengabadikan fenomena langka tersebut. 

”Alhamdulillah. Fenomena lima planet sejajar terjadi setiap 18-19 tahun sekali. Kesempatan berikutnya baru akan tiba pada 2041 kelak,” ujarnya.

Samila Salsabilla (@jamsamil) juga mengaku bangga bisa menangkap 3 planet dalam 1 frame di ponselnya. 


”Paling bawah Venus, Bulan, Mars, Jupiter, untuk Saturnus terlalu jauh di atas Jupiter, jadi nggak masuk frame tapi tetap keliatan jelas. Dan harusnya di bawah Venus ada Merkurius, tapi terhalang bangunan,” katanya. []
Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
close