Isu Resesi Picu Rupiah Melemah ke Rp14.848 per Dolar AS

Isu Resesi Picu Rupiah Melemah ke Rp14.848 per Dolar AS 

KONTENISLAM.COM - Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot melemah pada perdagangan Rabu pagi 29 Juni 2022, pukul 09.12 WIB. Rupiah melemah sebesar 18 poin atau 0,13 persen ke posisi Rp14.848 per dolar AS, dibandingkan penutupan sebelumnya senilai Rp14.830 per dolar AS.

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau kemarin sore, mematok rupiah di angka Rp14.837 per dolar AS.

Analis Pasar Uang Ariston Tjendra memperkirakan, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS berpotensi tertekan hari ini. Hal itu mengikuti pelemahan pada perdagangan kemarin.

“Isu resesi mengemuka di kalangan pelaku pasar yang mendorong pelaku pasar keluar dari aset berisiko,” kata Ariston kepada VIVA, Rabu 29 Juni 2022.

Ariston mengatakan, dengan semakin banyaknya bank sentral dunia yang mengetatkan kebijakan moneternya. Membuat pasar mengkhawatirkan permintaan akan tertekan, pertumbuhan ekonomi melemah, dan memicu resesi.

“Selain itu sikap Bank Sentral AS yang masih akan menerapkan kebijakan agresif hingga inflasi AS terlihat turun. Masih menjadi pertimbangan pasar untuk masuk ke dolar AS,” jelasnya.

Sementara dari dalam negeri Ariston menuturkan, ekspektasi inflasi yang meninggi karena harga pangan akan memperlemah rupiah.

Adapun potensi pelemahan rupiah terhadap dolar AS hari ini ada di kisaran Rp14.860. Sedangkan support di kisaran Rp14.800.

Sumber: viva

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close