KPU Bilang Tahapan Pemilu Dimulai Pekan Ini, Tapi Kenapa Tiket Pilpres dari Masa Lalu? - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

KPU Bilang Tahapan Pemilu Dimulai Pekan Ini, Tapi Kenapa Tiket Pilpres dari Masa Lalu?

KPU Bilang Tahapan Pemilu Dimulai Pekan Ini, Tapi Kenapa Tiket Pilpres dari Masa Lalu? 

KONTENISLAM.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menggelar acara Peluncuran Tahapan Pemilu 2024, Selasa (14/6) di halaman kantor KPU RI. Namun ada yang dinilai mengganjal dari gelaran ini.

Adalah Wakil Ketua Umum Partai Gelora, Fahri Hamzah yang merasakan keganjalan atas acara yang menandai tahapan Pemilu 2024 dimulai. Keanehan itu terletak pada tiket pencalonan presiden dan wakil presiden.

Ini lantaran ambang batas pencalonan presiden dan wakil presiden atau presidential threshold untuk Pilpres 2024 nanti diambil dari hasil pemilu sebelumnya, yakni tahun 2019. Padahal, tahapan pemilu sendiri baru dimulai pekan ini.

Presidential threshold sendiri sebagaimana UU Pemilu mensyaratkan 20 persen kursi parlemen atau 25 persen suara nasional.

“KPU bilang tahapan Pemilu hari ini, tapi kenapa tiketnya dari masa lalu? Bukankah tiket itu adalah bagian dari pemilu?” ujar Fahri Hamzah lewat akun Twitter pribadinya beberapa waktu lalu.

Mantan Wakil Ketua DPR RI ini pun meminta KPU untuk mulai menegakkan akal sehat pada pemilu kali ini. Artinya, jika memang tahapan pemilu baru dimulai, maka ambang batas yang digunakan untuk Pilpres 2024 adalah hasil Pileg 2024.

“Tahapan harus dimulai dari nol jangan ada yang berasal dari masa lalu, itu tidak sehat bagi pemilu kita!” tutupnya.

Sumber: RMOL

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
close