Meski Dinilai Sukses, Giring PSI Tetap Sindir Ajang Balap Formula E

Meski Dinilai Sukses, Giring PSI Tetap Sindir Ajang Balap Formula E 

KONTENISLAM.COM - Ajang balap Formula E Jakarta yang digelar pada Sabtu (4/6/2022) lalu dinilai sukses oleh sejumlah pihak. Namun, hal berbeda dinilai oleh Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha. Menurutnya, Formula E kemarin belum bisa dikatakan sukses.

Giring menyebut sekadar ingar bingar dan ramainya penonton yang hadir ke Ancol bukan tolok ukur sebuah acara sukses. Ia menyebut kesuksesan sebuah acara bertaraf internasional harus dilihat dari dampak ekonomi dan sosial masyarakat.

"Berhasil lihatnya dari mana? Apakah dilihat dari jumlah penontonnya, apakah dilihat dari jumlah keuntungannya, apakah dilihat dari dampak ekonominya ke masyarakat sekitar DKI Jakarta," kata Giring di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (6/6).

"Makanya sukses tuh dilihat dari mana? Kalau cuma ramai dan ingar bingar saja sih itu bukan sukses," ujarnya menambahkan.

Giring meminta panitia penyelenggara dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta segera membuka ke publik apakah Formula E memberi keuntungan atau malah justru merugi.

Ia berharap ajang Formula E tidak merugikan keuangan daerah, dan berujung menggunakan pajak rakyat untuk menutupi kerugian tersebut.

"Kalau untung uangnya dipakai buat apa? Terus kalau rugi siapa yang nanggung? Jangan sampai nanti kalau rugi nanti yang nanggung uang pajak masyarakat," katanya.

Giring juga menegaskan pihaknya akan tetap mengkritisi hajatan balap mobil listrik tersebut. Pasalnya, itu bukan program prioritas bagi warga DKI.

Menurutnya, ada sejumlah persoalan lain yang harusnya menjadi prioritas Pemprov DKI. Misalnya masalah polusi hingga kemacetan.

"Masih banyak kemacetan, masih banyak titik-titik banjir, polusi. Setelah pandemi Covid, bagaimana kita ngomongin, menambah lapangan pekerjaan di DKI. Kemarin kita baru dengar banyak start up yang PHK karyawannya, ini bagaimana," ujarnya.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria langsung merespons kritik Giring. Menurutnya, fakta di lapangan menunjukkan sebaliknya.

Ia mengatakan ajang Formula E sejak proses perencanaan hingga pelaksanaan kemarin berjalan lancar dan baik.

"Yang penting faktanya semua bisa melihat, mendengar langsung prosesnya dari perencanaan sampai pelaksanaan, Alhamdulillah berlangsung dengan baik," kata Riza di Balai Kota, Senin malam (6/6).

Riza mengaku tak mau ambil pusing dengan kritik Giring. Menurutnya, kritik merupakan hak seluruh warga negara. Di sisi lain, menurutnya, perhelatan balap mobil listrik itu sudah berjalan dengan sesuai harapan.

"Kalau ada yang berpendapat lain itu ya silakan saja, enggak ada masalah bagi kami," ujar Riza.

Sementara itu, Ketua Panita Pelaksana Formula E Ahmad Sahroni menyampaikan terima kasih atas kritik Giring. Menurutnya, hal itu jadi motivasi seluruh panitia untuk lebih baik lagi mengadakan Formula E tahun depan.

"Tahun depan kita sukseskan, pak. Terima kasih pak atas motivasinya," kata Sahroni.

Formula E Jakarta 2022 digelar di Sirkuit Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Sabtu (4/6). Sejumlah pihak memuji pelaksanaan acara tersebut.

Bos Formula Alberto Longo bahkan memuji habis-habisan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan usai gelaran Jakarta E-Prix 2022. Menurutnya, ajang Formula E Jakarta berjalan sukses.

Presiden Joko Widodo juga bersyukur acara tersebut berjalan dengan baik. Jokowi juga berharap Formula E jadi balapan yang makin digemari di masa mendatang di Indonesia.

Sumber: lawjustice

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close