Penangkapan Jurnalis Muslim India Picu Kemarahan Baru

Penangkapan Jurnalis Muslim India Picu Kemarahan Baru 

KONTENISLAM.COM - Penangkapan jurnalis Muslim India oleh polisi di ibu kota New Delhi pada Senin malam waktu setempat menuai kemarahan baru publik. Penangkapan ini menjadi contoh terbaru dari menyusutnya kebebasan pers di bawah pemerintahan Perdana Menteri Narendra Modi.

Mohammed Zubair, salah satu pendiri situs pemeriksa fakta Alt News, ditangkap karena tweet pada 2018 yang menurut polisi sengaja menghina "dewa agama tertentu." Perwira polisi senior KPS Malhotra mengatakan kasus itu didaftarkan menyusul pengaduan dari pengguna Twitter dan Zubair ditahan selama satu hari.

Jurnalis di seluruh India semakin menjadi sasaran pekerjaan mereka dalam beberapa tahun terakhir. Beberapa telah ditangkap di bawah tuntutan pidana yang ketat atas posting di media sosial, di mana mereka secara rutin menghadapi ancaman dan trolling. Akun Twitter beberapa jurnalis dan situs berita juga telah ditangguhkan atas perintah pemerintah.

Insiden itu segera memicu gelombang kemarahan, dengan aktivis, jurnalis, dan politisi oposisi turun ke media sosial untuk mengecamnya sebagai pelecehan terhadap pers sambil menyerukan pembebasan segera Zubair.

"Dalam demokrasi, di mana setiap individu memiliki hak untuk menggunakan kebebasan berbicara dan berekspresi, tidak dapat dibenarkan bahwa undang-undang yang ketat seperti itu digunakan sebagai alat untuk melawan jurnalis," kata DIGIPUB, jaringan organisasi berita digital India, dalam sebuah pernyataan.

Sementara pemimpin oposisi dari Partai Kongres, Rahul Gandhi, menulis di Twitter, "Menangkap satu suara kebenaran hanya akan membangkitkan seribu suara lagi.”

Pratik Sinha, salah satu pendiri Alt News, mengatakan bahwa Zubair ditangkap tanpa pemberitahuan dari polisi, yang merupakan kewajiban menurut undang-undang untuk bagian di mana dia ditahan.

Didirikan pada 2017 sebagai organisasi nirlaba, Alt News adalah situs web berita pengecekan fakta paling terkemuka di India dan telah mendapatkan reputasi karena pelaporannya tentang ujaran kebencian dan menyanggah informasi yang salah, terutama oleh nasionalis Hindu.

Pendirinya sering menghadapi ancaman online dan ancaman oleh kelompok sayap kanan, beberapa dari mereka terkait dengan Partai Bharatiya Janata Modi.

Beberapa kasus serupa telah diajukan terhadap Zubair di masa lalu. Awal bulan ini, polisi mendakwanya karena menyebut beberapa biksu Hindu sebagai "pembenci", situs berita The Wire melaporkan. Para biksu Hindu telah membuat pernyataan yang menghasut tentang Muslim dan setidaknya salah satu dari mereka telah menyerukan "genosida" terhadap komunitas minoritas. Para biarawan ditangkap dan kemudian dibebaskan dengan jaminan.

Zubair juga termasuk di antara jurnalis pertama yang menyoroti komentar kontroversial yang dibuat oleh juru bicara BJP, Nupur Sharma yang sekarang ditangguhkan tentang Nabi Muhammad. Masalah ini menciptakan pertikaian diplomatik bagi pemerintahan Modi. Pemerintah India menjauhkan diri dari komentar juru bicara itu setelah memicu reaksi besar-besaran dari banyak negara Muslim.

Peringkat India turun delapan peringkat menjadi 150 di antara 180 negara dalam Indeks Kebebasan Pers tahun ini yang diterbitkan oleh kelompok pengawas Reporters Without Borders.

“Wartawan India yang terlalu kritis terhadap pemerintah menjadi sasaran pelecehan dan kampanye serangan habis-habisan,” katanya dalam edisi 2022. Organisasi ini menambahkan bahwa wartawan secara teratur dihadapkan pada kekerasan polisi dan peningkatan pembalasan dari pejabat.

Penangkapan Zubair terjadi dua hari setelah pengacara dan aktivis hak asasi manusia Teesta Setalvad ditangkap oleh sayap anti-terorisme polisi negara bagian Gujarat.

Setalvad ditangkap Sabtu karena diduga "melakukan pemalsuan dan membuat bukti" dalam kasus tentang kerusuhan anti-Muslim 2002 di negara bagian Gujarat. Modi, yang saat itu menjabat sebagai kepala menteri Gujarat, telah membantah tuduhan terhadapnya, dan telah dibebaskan dari keterlibatan setelah penyelidik pemerintah dan pengadilan memutuskan tidak ada bukti yang memberatkan Modi.

Setalvad telah lama berkampanye untuk mendapatkan keadilan bagi para korban kerusuhan di mana hampir 1.000 orang, kebanyakan dari mereka Muslim, tewas. Penangkapan aktivis India ini dikecam oleh kelompok hak asasi global seperti Human Rights Watch dan Amnesty International.

Sumber: tempo

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close