Pengamat: Poros Nasdem-Demokrat-PKS Bisa Terbentuk, King Maker-nya SBY, Surya Paloh, dan JK - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengamat: Poros Nasdem-Demokrat-PKS Bisa Terbentuk, King Maker-nya SBY, Surya Paloh, dan JK

Pengamat: Poros Nasdem-Demokrat-PKS Bisa Terbentuk, King Maker-nya SBY, Surya Paloh, dan JK 

KONTENISLAM.COM - Poros koalisi Pilpres 2024 kemungkinan akan terbentuk lagi dalam waktu dekat ini. Koalisi ini akan menyusul Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang digaungi Partai Golkar, PPP, dan PAN.

Pengamat politik yang juga Direktur Eksekutif Arus Survei Indonesia, Ali Rif'an memperkirakan, kemungkinan pembentukan poros baru selain KIB sudah terlihat tandanya ketika Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh, dan Presiden ke-6 RI yang juga menjabat Ketua Majelis Kehormatan Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono, bertemu beberapa waktu lalu.

"Kemungkinan akan membuat poros baru. Bisa jadi menjadi poros Nasdem, Demokrat, PKS, di mana King Maker-nya Surya Paloh, SBY dan JK," ujar Ali kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (10/6).

Jika perkawinan 3 partai politik (parpol) tersebut terealisasi, Ali melihat figur yang berpotensi diusung untuk menjadi calon presiden (capres) ialah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Siapa tokoh yang diusung? Yang diusung adalah Anies Baswedan. Secara kalkulasi politik, ini logis di tengah posisi sudah terbentuknya KIB," tuturnya.

Selain koalisi Nasdem, Demokrat dan PKS, lulusan magister politik Universitas Indonesia ini tak menutup kemungkinan terbentuk poros koalisi lainnya.

"Ada berapa poros? Memang potensi terbentuknya 3 poros bisa, tapi 2 poros juga bisa. Kalau 4 poros kecil kemungkinan," demikian Ali.

Sumber: RMOL

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
close