Roy Suryo Laporkan 3 Akun Medsos soal Foto Stupa Candi Diedit Mirip Jokowi

Roy Suryo Laporkan 3 Akun Medsos soal Foto Stupa Candi Diedit Mirip Jokowi 

KONTENISLAM.COM - Mantan Menpora Roy Suryo mendatangi Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, untuk melaporkan 3 akun medsos yang diduga mengedit stupa Candi Borobudur menyerupai wajah Presiden Jokowi.

Foto tersebut beredar dan sempat dijadikan meme yang diperlihatkan di akun Twitternya @KRMTRoySuryo2. Belakangan cuitan soal meme itu juga telah dihapus Roy Suryo.

Laporan tersebut diterima SPKT Polda Metro Jaya dengan nomor LP/B/2970/VI/2022/SPKT/Polda Metro Jaya. Dalam laporan itu, ketiga akun yang tak disebutkan identitasnya dilaporkan atas dugaan melanggar Pasal 28 Ayat 2 Jo Pasal 45 Ayat 2 UU ITE tentang ujaran kebencian.

"Maka kami melaporkan kondisi ini. Jadi yang kita laporkan korbannya adalah teman-teman Kongres Pemuda Indonesia dan masyarakat Indonesia karena menjadi korban dari adu domba yang sangat tidak sehat," kata Roy di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu (16/6).

Roy mengklaim dirinya tak bersalah dalam beredarnya foto itu. Dia pun menawarkan diri ke Polda Metro Jaya sebagai saksi untuk membantuk menangkap pelaku.

"Kemudian pertanggungjawaban saya ini sekaligus konsekuensi saya sebagai orang yang dituduh juga untuk ikut menyebarkan maka saya bantu pihak kepolisian," ujar Roy.

"Dan saya menawarkan diri kepada polisi untuk membantu, bukan hanya menjadi saksi. Sekaligus menunjukkan URL nya. Saya sudah simpan," sambung Roy.

Kasus ini berawal dari viralnya di media sosial meme stupa Candi Borobudur yang menyerupai wajah Presiden Jokowi. Adanya meme tersebut diperlihatkan oleh mantan Menpora Roy Suryo di Twitternya @KRMTRoySuryo2.

Dalam keterangan foto itu, diberi narasi yang menyinggung soal rencana pemerintah terkait kenaikan tarif masuk Candi Borobudur. Roy Suryo menyebut meme tersebut dibuat oleh netizen.

"Mumpung akhir pekan, ringan-ringan saja twitnya. Sejalan dengan protes rencana harga tiket naik ke Candi Borobudur (dari 50rb) ke 750rb yang (sudah sewarasnya) DITUNDA itu, Banyak Kreativitas Netizen mengubah salah satu Stupa terbuka yang Ikonik di Borobudur itu, LUCU, he-3x AMBYAR,” tulis Roy Suryo dalam keterangan unggahannya.

Sumber: kumparan

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close