Sulit Sepaham, PDIP dan NasDem Diibaratkan Minyak dan Air - KONTENISLAM.COM Berita Terupdate

Sulit Sepaham, PDIP dan NasDem Diibaratkan Minyak dan Air

 

KONTENISLAM.COM - Partai NasDem dinilai ingin menjadi aktor pengubah permainan (game changer) saat Pilpres 2024, kata Pengamat politik dari Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang, Mikhael Rajamuda Bataona.

Buktinya, mengusulkan 3 nama untuk menjadi Calon Presiden Republik Indonesia Periode 2024-2029 dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem di Jakarta pada Jumat (17/6) silam.

Ketiga nama itu, yakni Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Panglima TNI Andika Perkasa, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Langkah itu langsung dianggap sebagai cara NasDem memainkan truf-nya sebagai partai antitesis dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Dari sepengamatannya, gonjang-ganjing yang muncul sejauh ini NasDem selalu berdiri pada posisi yang berbeda dari PDIP, baik dari sudut pandang pun dari sisi pilihan politik.

NasDem dan PDIP, kata dia, merupakan mitra melihat yang dekat tapi jauh. Ibarat minyak dan air yang sulit sepaham.

"Saat di Istana Negara ketika jamuan makan bersama Presiden Joko Widodo beberapa hari lalu, bahasa tubuh Surya Paloh (Ketua Umum Partai NasDem) dan Megawati (Ketua Umum PDIP) tidaklah akrab," katanya.

Selanjutnya, Bataona menilai kalimat Surya Paloh dalam rakernas menegaskan bahwa jangan ada partai yang merasa sangat berkuasa, menang sendiri, dan sombong, adalah pesan verbal yang bermakna jelas bahwa posisi mereka sebagai partai antitesis.

Di sisi lain, ujar dia, saat NasDem sedang membuat kegiatan rakernas, PDIP juga mengumpulkan semua kepala daerah di Lenteng Agung Jakarta untuk mengikuti sekolah partai termasuk Ganjar Pranowo.

Secara psikologis, katanya, ini merupakan upaya adu, saling tekan, dan unjuk kekuatan, sehingga hampir semua pernyataan Surya Paloh di forum rakernas langsung dibantah Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto.

"Publik tentu cerdas membaca ini sebagai rivalitas dua sahabat menghadap pemerintah yang memang sejak Pemilu 2019 sudah saling mendukung. Sudah seperti air dan minyak," katanya. [ era ]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close