Zulkifli Hasan Diangkat Jadi Menteri Perdagangan, Pengamat Politik: Kalau Zulhas Mengagetkan - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Zulkifli Hasan Diangkat Jadi Menteri Perdagangan, Pengamat Politik: Kalau Zulhas Mengagetkan

Zulkifli Hasan Diangkat Jadi Menteri Perdagangan, Pengamat Politik: Kalau Zulhas Mengagetkan 

KONTENISLAM.COM - Zulkifli Hasan alias Zulhas kemarin baru saja diangkat sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Muhammad Lutfi oleh Presiden Jokowi, Rabu (15/6/2022).

Atas pengangkatan Zulhas sebagai Menteri Perdagangan, sejumlah pengamat politik mengaku kaget dengan keputusan tersebut.

Salah satu pengamat tesebut yakni Dr. Suko Widodo selaku pengamat politik dan komunikasi Universitas Airlangga Surabaya.

Ia mengaku terkejut saat mendengar Zulkifli Hasan diangkat sebagai Menteri Perdagangan.

Suko Widodo mengaku sepakat jika Muhammad Lutfi yang sebelumnya Menteri Perdagangan pantas diganti lantaran dianggap gagal menstabilkan harga, seperti minyak goreng.

Namun, Suko Widodo merasa kaget ketika Zulkifli Hasan yang ditunjuk untuk menjadi penggantinya.

"Bagi saya posisi Menteri Perdagangan harus diganti, tapi kalau penggantinya Zulkifli Hasan memang sedikit mengagetkan karena saya belum tahu apa dia punya background pedagang atau bukan," katanyanya mengutip WartaEkonomi (jaringan Suara.com), Rabu (15/6/2022).

Menurut Suko Widodo, Keputusan Presiden Jokowi menunjuk Zulkifli Hasan sebagai Mendag, cukup menarik karena selama ini menteri untuk kader Partai Amanat Nasional (PAN) adalah posisi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

"Tapi, menteri itu adalah pembuat kebijakan. Jadi, tidak seberapa penting latar belakangnya, yang penting dia mampu dinilai mampu menjalankan tugasnya," tuturnya.

Sedangkan, untuk Hadi Tjahjanto yang dilantik sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menggeser posisi Sofyan Djalil, ia mengaku tidak seberapa kaget mengingat Presiden Jokowi sudah sangat mengenal sosok mantan Panglima TNI tersebut.

"Hadi Tjahjanto adalah orang yang sudah dikenal Presiden Jokowi lama, akan mudah memahami ritme kerja Presiden," ucapnya.

Sumber: suara

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
close