Ahok Siap Jabat Menpan RB Gantikan Tjahjo Kumolo? - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ahok Siap Jabat Menpan RB Gantikan Tjahjo Kumolo?

Ahok Siap Jabat Menpan RB Gantikan Tjahjo Kumolo? 

KONTENISLAM.COM - Jabatan yang ditinggal Tjahjo Kumolo sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) akan dikembalikan ke PDIP. Partai banteng bermoncong putih itulah yang akan menentukan nama kadernya yang akan menjabat MenPAN-RB yang baru.

Pengamat politik Herry Mendrofa menilai empat kader PDIP berpotensi mengisi jabatan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) yang ditinggalkan almarhum Tjahjo Kumolo.

“Figur untuk menduduki jabatan MenPANRB itu pasti berasal dari PDI Perjuangan,” kata Herry Mendrofa di Jakarta seperti yang dikutip dari Genpi, Minggu (3/7/2022).

Direktur Eksekutif Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA) ini membeberkan empat kader PDIP yang memiliki peluang sebagai MenPANRB. Ahmad Basarah, kata Hery, pernah menjabat Wasekjen PDIP dan punya banyak pengalaman di bidang legislatif.

Pengalaman tersebut dapat menjadi pendukung kapasitas Basarah di Kementerian PANRB. Herry menjelaskan peluang besarnya Risma menjadi MenPANRB, mengingat mantan Wali Kota Surabaya itu memulai kariernya dari seorang birokrat.

“Jadi kapasitas Risma menjadi MenPANRB pas,” ucapnya.

Lanjut Herry, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok punya track record lebih luas sudah melang melintang di lingkup pemerintahan. Mulai dari kepala daerah di Belitung Timur dan DKI Jakarta, hingga anggota legislatif.

Ahok, sambung dia, pernah menjadi anggota Komisi II DPR yang membidangi pemerintahan. “Saya kira ini menjadi pilihan yang tepat juga bagi Jokowi untuk menempatan Ahok sebagai calon MenPANRB,” paparnya.

Menurut Herry, sosok Ganjar Pranowo juga punya kapasitas menjadi MenPANRB. Selain menjadi kepala daerah, Ganjar juga pernah menjadi anggota legislatif, yakni anggota Komisi II DPR yang membidangi pemerintahan.

Herry menilai, dengan ditunjuknya Ganjar menjadi MenPANRB, akan menjadi win-win solution dari problematika dan dinamika yang terjadi di internal PDIP.

“Jadi saya kira ini menjadi win-win solution. Secara psikologis politik, tentunya pilihan yang rasional juga bisa jatuh pada seorang Ganjar Pranowo,” pungkasnya.

Sumber: populis.

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam