APBN RI Suruh Tanggung Bengkaknya Biaya Kereta Cepat, China Jadi Sorotan: Ada Variabel Tekan Menekan, itu Artinya... - KONTENISLAM.COM Berita Terupdate

APBN RI Suruh Tanggung Bengkaknya Biaya Kereta Cepat, China Jadi Sorotan: Ada Variabel Tekan Menekan, itu Artinya...

APBN RI Suruh Tanggung Bengkaknya Biaya Kereta Cepat, China Jadi Sorotan: Ada Variabel Tekan Menekan, itu Artinya...


KONTENISLAM.COM - 
Akademisi Rocky Gerung menyinggung mengenai bengkaknya biaya proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB), sehingga China meminta Indonesia turun tangan.

Dalam pengerjaan proyek Keret Cepat, terjadi kelebihan biaya kostruksi, sehingga China Development Bank (CDB) meminta pemerintah Indonesia ikut menangung.

 

Sehingga perjanjian kerjasama antara China dan Indonesia dalam proyek Kereta Cepat pun dipertanyakan, karena RI diminta ikut memanggung beban.


"Itu di belakang perjanjian perdata itu yang biasa disebut pacta sunt servanda, perjanjian harus diwujudkan," ucapnya yang dikutip dari YouTube Rocky Gerung Official, Kamis (28/7).


"Tiba-tiba ada variabel tekan menekan, itu artinya ada klausul yang nggak jelas, sehingga China udah kasih sinyal duluan: eh kalau lu bengkakin lagi lu yang keluar dari APBN, kita gak peduli mau APBN Indonesia bangkrut kan," tambahnya.


Ini menjadi kesulitan Indonesia, karena China hanya memegang prinsip perjanjian awal, jika begini maka Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) harus dikeluarkan.


"Tetap dia hanya pegang prinsip perjanjian awalnya, nah itu kesulitan kita kalau dari awal udah bikin kongkalikong sebetulnya," ungkapnya.


Sementara itu, perusahaan yang sudah melakukan investasi di sepanjang jalur Kareta Cepat akan merasa untung, karena ada potensi memperluas wilayah.


"Dan pasti juga mereka yang sudah mulai melakukan investasi di sepanjang jalur itu, terutama perusahaan-perusahaan properti merasa bahwa: wah karena begitu ada potensi lagi untuk memperluas wilayah jarahan itu," pungkasnya. [wartaekonomi]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close