Bahas Pro Kontra IKN, Pengamat Sebut Bukan Gegara Proyek Jokowi: Tapi Tentang... - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bahas Pro Kontra IKN, Pengamat Sebut Bukan Gegara Proyek Jokowi: Tapi Tentang...

 

KONTENISLAM.COM - Pengamat politik Rocky Gerung menyinggung mengenai proyek Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), yaitu Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang menimbulkan pro kontra.

Pro Kontra terjadi bukan karena IKN merupakan proyek Jokowi, namun mengenai pembenaran proses pemindahan ibukota ke Kalimatan Timur.

 

"Memang ini bukan soal pro kontra proyek pak Jokowi, kita pro kontra tentang proses pembenaran pemindahan itu kan," ungkapnya yang dikutip dari YouTube Rocky Gerung Official, Sabtu (23/7).


Kalimantan Timur merupakan sumber paru-paru dunia dan keanekaragaman hayati terdapat pada kawasan tersebut, yang menjadi persoalan adalah mengenai Analisa Dampak Lingkungan (AMDAL).


"Apalagi di Kalimantan Timur itu adalah sumber paru-paru dunia, sumber keanekaragaman hayati. Jadi kita persoalkan mengapa tidak ada AMDAL lebih dahulu," bebernya.


Namun jika proyek IKN dihubungkan dengan krisis ekonomi yang tengah terjadi, cukup berbahaya jika memindahkan ibukota dalam keadaan ini.


"Itu intinya, karena itu kalau kita hubungkan dengan krisis ekonomi sekarang, itu agak berbahaya sebetulnya memindahkan ibukota dalam keadaan krisis," ucapnya.


Karena ibukota baru akan memberatkan dapur, dan hak konsumen adalah mendapatkan harga yang memungkinkan untuk tetap bertahan hidup dalam masa krisis.


"Karena ini trade-off APBN aja, dan hak konsumen untuk dapat harga yang memungkinkan dapur ibu-ibu berasap. Jadi buat apa dapur ibu-ibu tidak berasap tapi ibukota mau dibikin secemerlang," pungkasnya.[wartaekonomi]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
Menyalin
close