Bandingkan Kasus Roy Suryo dan Ruhut Sitompul, Keadilan Dipertanyakan: di Mata Hukum Kita Sama, Tapi Belum Tentu di...

Bandingkan Kasus Roy Suryo dan Ruhut Sitompul, Keadilan Dipertanyakan: di Mata Hukum Kita Sama, Tapi Belum Tentu di... 

KONTENISLAM.COM - Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo ditetapkan sebagai tersangka, dalam kasus postingan meme stupa Borobudur yang diedit dengan wajah Jokowi.

Dalam kasus ini, Roy Suryo dijerat dengan UU ITE Pasal 28 ayat 2 tentang ujaran kebencian bernuansa SARA, dan Pasal 156A KUHP mengenai penistaan agama.

Roy Suryo dilaporkan oleh dua orang berbeda, yaitu Kurniawan Santoso yang merupakan perwakilan umat Budha ke Polda Metro Jaya.

Kemudian Kevin Wu melaporkan ke Bareskrim Polri, tapi kemudian dilimpahkan pada Polda Metro Jaya, sehingga kini mantan Menpora tersebut ditetapkan sebagai tersangka.

Pegiat media sosial Eko Widodo menyinggung mengenai kasus politikus PDIP Ruhut Sitompul yang kurang lebih sama dengan Roy Suryo.

Ruhut Sitompul pernah mengunggah foto Anies Baswedan dengan menggunakan koteka, yang merupakan bagian dari pakian adat Papua, dan ini dikecam oleh ketua suku Papua.

Tidak hanya itu, meme Anies Baswedan juga membuat heboh masyarakat sehingga diminta pengusutan, namun hingga sekarang kasusnya jalan ditempat.

Padahal kasus Ruhut dinilai ada unsur SARA terhadap Papua, dan Eko mempertanyakan keadilan di Indonesia, karena sekarang hanya Roy Suryo yang dijadikan tersangka.

"Twit ini belum dihapus sdh dilaporkan & memenuhi delik kebencian SARA trhdp adat Papua.. Dikecam ketua suku, tokoh hingga seluruh lapisan masyarakat tapi kasusnya jalan ditempat."

"Masih percaya sama keadilan & kesetaraan hukum!!" ungkapnya yang dikutip dari Twitter @ekowboy2, Sabtu (23/7).

Padahal di mata hukum semua berkedudukan sama, namun belum tentu di mata penegak hukum, selama yang berkasus adalah peliharaan rezim.

"Di mata hukum kita sama.. Tp belum tentu di mata penegak hukum katanya... Selama yg nebar hoaks dan fitnah itu binatang piaraan rezim pasti aman," cuit akun Twitter @put***.

Twit ini belum dihapus sdh dilaporkan & memenuhi delik kebencian SARA trhdp adat Papua..

Dikecam ketua suku, tokoh hingga seluruh lapisan masyarakat tapi kasusnya jalan ditempat

Masih percaya sama keadilan & kesetaraan hukum!! pic.twitter.com/UGadHPxgiA
— ???????????? ???????????????????????? (@ekowboy2) July 23, 2022 

[wartaekonomi] 

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close