Berhasil Kabur dari Sri Lanka, Gotabaya Rajapaksa Mendarat di Maladewa

Berhasil Kabur dari Sri Lanka, Gotabaya Rajapaksa Mendarat di Maladewa 

KONTENISLAM.COM - Drama pelarian Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa di tengah protes besar-besaran akhirnya berakhir. Sang presiden berhasil melarikan diri dari negaranya, dan telah tiba di Maladewa.

Media Maladewa melaporkan, Rajapaksa telah mendarat di Bandara Internasional Velana pada Rabu pagi (13/7) waktu setempat.

Rajapaksa dan istri pergi ke Maladewa menggunakan pesawat militer Antonov-32. Seorang pengawal termasuk di antara empat penumpang di dalamnya, seperti dimuat ANI News.

Pada Senin (11/7), Rajapaksa telah menandatangani surat pengunduran dirinya yang akan diserahkan kepada Ketua Parlemen untuk membuat pengumuman publik pada Rabu.

Setelahnya, ia berusaha melarikan diri dari Sri Lanka karena khawatir dengan jeratan hukum, mengingat status presiden sebagai imun, akan segera tanggal.

Upaya tersebut gagal pada Selasa (12/7), lantaran staf imigrasi enggan mencap paspor Rajapaksa.

Setelah pengunduran diri Rajapaksa, Perdana Menteri Ranil Wickremesinghe akan dilantik sebagai Presiden untuk periode sementara sampai Presiden baru dipilih oleh Parlemen pada 20 Juli.

Pada tahun ini Sri Lanka telah mengalami krisis ekonomi yang parah yang telah menyebabkan protes dari ratusan ribu warga.

Sri Lanka menderita krisis ekonomi terburuknya sejak memperoleh kemerdekaan pada tahun 1948, yang datang setelah gelombang Covid-19 berturut-turut.

Setelah rekor inflasi harga pangan, melonjaknya biaya bahan bakar dan meluasnya kelangkaan komoditas, sekitar 61 persen rumah tangga secara teratur menggunakan strategi penanggulangan untuk mengurangi biaya, seperti mengurangi jumlah yang mereka makan dan mengonsumsi makanan yang semakin kurang bergizi.

Sumber: RMOL

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close