Dikhawatirkan Tim Forensik Gabungan Alami Intervensi Saat Autopsi Ulang Jenazah Brigadir J, Eks Kabareskrim Yakini Hal Ini

Dikhawatirkan Tim Forensik Gabungan Alami Intervensi Saat Autopsi Ulang Jenazah Brigadir J, Eks Kabareskrim Yakini Hal Ini 

KONTENISLAM.COM - Mantan Kabareskrim, Komjen Pol (Purn) Ito Sumardi, menanggapi kekhawatiran adanya intervensi terhadap tim forensik gabungan yang mengautopsi jenazah Brigadir J.

Komjen Pol (Purn) Ito Sumardi berpendapat, jika dalam autopsi ulang atau ekshumasi terjadi perbedaan atau ada yang terlewat, maka pihak dokter akan yang akan dinilai.

“Secara normatif ini (perbedaan hasil autopsi pertama dan kedua) tentu ada penilaian terhadap pihak dokter yang melakukan autopsi,” ujar Ito Sumardi di acara Apa Kabar Indonesia Malam pada Rabu (27/7).

Lebih lanjut, Ito Sumardi mengatakan bahwa Polri tentu memberlakukan sistem terkait dokter forensik serta secara umum dokter forensik pasti harus berpegang teguh pada kode etik.

Terkait intervensi atau tekanan yang kemungkinan dialami dokter forensik, Ito Sumardi meyakini dokter tersebut akan menyampaikan hal tersebut.

Apalagi dalam kasus kematian Brigadir J atau Brigadir Nofriansyah Josua Hutabarat ini presiden hingga Menko Polhukam bahkan ikut mengawasi.

“Kalaupun misalnya-kita tidak berandai-andai kalo memang dokter tersebut mengatakan ada intervensi atau ada tekanan, kan pasti dokter itu juga akan menyampaikan,’ ujar Ito Sumardi.

Adapun autopsi ulang atau ekshumasi jenazah Brigadir J dilakukan oleh ahli forensik dari beberapa lembaga seperti TNI, RSPAD Gatot Subroto, hingga akademisi.[wartaekonomi]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close