Gawat… Bahkan Peneliti Asing Sampai Intai Indonesia, Ada Apa? - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gawat… Bahkan Peneliti Asing Sampai Intai Indonesia, Ada Apa?

 

KONTENISLAM.COM - Pengamat politik Universitas Indonesia, Rocky Gerung, membahas sebuah penelitian yang ditulis oleh peneliti Singapura soal demokrasi di Indonesia.

Dalam penelitian tersebut, ada kecenderungan demokrasi di Indonesia justru mengalami penurunan dibandingkan dengan negara Asia lainnya.

 

Rocky Gerung menyoroti bahwa pihak asing yang notabene tidak memiliki kepentingan apapun di Indonesia saja sampai bisa melihat kemrosotan demokrasi di Indonesia.


“Jadi, dari luar negeri aja udah menganggap bahwa dibandingkan dengan pertumbuhan demokrasi di Asia, Indonesia itu merosot,” ujar Rocky Gerung di kanal YouTube-nya pada Rabu (20/7).


Karena pihak asing yang memberikan penilaian, hal tersebut tidak menjadi masalah. Tetapi, penilaian akan menjadi bermasalah jika dilakukan oleh masyarakat sipil.


Masyarakat akan dianggap sentiment ke pemerintahan Presiden Jokowi. Padahal, faktanya Indonesia tengah berjalan kea rah otoriteranisme.


“Jadi memang indeks-indeks dunia itu menunjukkan Indonesia trennya adalah mengarah pada otoriteranisme itu,” ujar Rocky Gerung.


Pengamat yang akrab disapa Bung Rocky tersebut lantas menyebutkan pihak yang pertama kali merasakan dampak otoriteranisme tersebut adalah pers. [wartaekonomi]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
close