Gubernur Anies Baswedan Resmikan Gapura Chinatown Glodok Pancoran Jadi Ikon Keberagaman di Jakarta, Jualan Buzzer Gak Laku 😂

 

KONTENISLAM.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan Gapura Glodok Pancoran akan menjadi salah satu ikon keberagaman di Jakarta.

Hal tersebut ia sampaikan usai meresmikan Gapura Glodok Pecinan, di Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat, Kamis (30/6/2022).

"Dan pastinya ikon ini akan menjadi pembeda, karena gapura-gapura Chinatown di seluruh dunia didominasi warna merah dan kuning," ujar Anies.

Lebih lanjut Anies mengatakan, khusus yang di Jakarta, Gapura Glodok Pancoran menggunakan warna beton.

Anies menginformasikan, peresmian Gapura Glodok Pancoran untuk menghidupkan kembali kota tua sebagai salah satu tempat yang penuh dengan cerita sejarah.

"Kota tua artinya kota yang penuh dengan cerita sejarah. Kita ingin bersama-sama membangun kawasan ini sebagai tempat di mana kita merasakan bagaimana perjalanan waktu dikonversi menjadi sebuah tempat," ujar Anies.

Anies mengatakan, setiap bangunan yang berada di kota tua memiliki catatan panjang sejarahnya masing-masing.

Ia memastikan, secara bertahap akan melakukan peremajaan dengan menggandeng berbagai komunitas untuk saling bekerjasama.
Gapura Glodok Pancoran merupakan awal revitalisasi di daerah kota tua. Anies memastikan untuk area dalamnya, juga akan dilakukan peremajaan secara bertahap.

Diketahui, Gapura Glodok Pancoran sempat diruntuhkan pada era pendudukan Jepang pada abad ke-18.

Anies menginformasikan, pada tahun 1938 gapura tersebut sempat direnovasi, lalu diruntuhkan kembali beberapa tahun kemudian.

"Kita ingin Jakarta bisa menghargai warisan budaya yang ada di kota ini," ujar Anies.

Anies mengatakan, Jakarta merupakan kota global, di mana warga penduduknya berinteraksi dengan masyarakat dari berbagai belahan dunia.

Baca juga: Sejarawan Sesali Keputusan Anies Baswedan yang Terkesan Asal Mengubah 22 Nama Jalan di Jakarta

Dari situlah masyarakat dapat memupuk dan menumbuhkan persatuan. Menurutnya, keberagaman adalah karunia Tuhan yang patut disyukuri.

"Dan persatuan merupakan ikhtiar manusia yang selalu bersama-sama kita usahakan," ujar Anies.

Mantan Menteri Pendidikan tersebut mewakili Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengaku senang, gapura yang dibahas sejak 2018 akhirnya dapat diresmikan pada Kamis (30/6/2022).

Ia berharap, adanya Gapura Glodok Pancoran dapay menjadi penanda bahwa Jakarta merupakan daerah yang penuh dengan sejarah dan kebersamaan.

Lebih lanjut ia memastikan, kesetaraan satu sama lain dapat selalu hadir di tengah-tengah masyarakat. (WartaKota)

[VIDEO]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close