Keluarnya Surya Tjandra dari PSI Disebut Hanya Tinggal Tunggu Waktu, Rocky Gerung: Kita Tempatkan Dalam Dua Arah - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keluarnya Surya Tjandra dari PSI Disebut Hanya Tinggal Tunggu Waktu, Rocky Gerung: Kita Tempatkan Dalam Dua Arah

Keluarnya Surya Tjandra dari PSI Disebut Hanya Tinggal Tunggu Waktu, Rocky Gerung: Kita Tempatkan Dalam Dua Arah


KONTENISLAM.COM - 
Pengamat politik Universitas Indonesia, Rocky Gerung, memprediksi Surya Tjandra akan keluar dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Sudah bukan rahasia lagi jika PSI terang-terangan mengatakan dan menunjukkan sikap tidak akan mendukung Anies Baswedan di ajang Pilpres 2024.

 

Rocky Gerung mewajarkan alasan Surya Tjandra mendukung Anies Baswedan, yaitu karena kinerja yang dilakukannya.


Tetapi, dalam analisis politik, ada dua faktor untuk menjelaskan peristiwa tersebut, yaitu pull factor (faktor penarik) dan push factor (faktor pendorong).


“Boleh begitu tapi analisis politik selalu kita tempatkan dalam dua arah, ada pull factor, ada push factor,” ujar Rocky Gerung di kanal YouTube-nya pada Jumat (29/7).


Menurut pengamat yang akrab disapa Bung Rocky ini, secara alamiah faktor pendorong lebih kuat daripada faktor penarik.


Faktor pendorong dalam hal ini yaitu yang menyebabkan Surya Tjandra keluar dari PSI dan faktor penariknya yaitu ingin bergabung ke Anies Baswedan.


“Tapi fakta-fakta ini memperlihatkan bagaimana yang disebut kader itu sebetulnya nggak punya jangkar pada rakyat,” ujar Rocky Gerung. [wartaekonomi]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
close