MENGENAL MALDIVES, NEGARA YANG PENDUDUKNYA WAJIB ISLAM - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MENGENAL MALDIVES, NEGARA YANG PENDUDUKNYA WAJIB ISLAM

 

KONTENISLAM.COM - Maldives atau yang disebut juga dengan Republik Maladewa adalah sebuah negara kepulauan yang terdiri dari kumpulan atol (suatu pulau koral yang mengelilingi sebuah laguna) di Samudera Hindia. Maladewa terletak di sebelah selatan – barat daya India, sekitar 700 km sebelah barat daya Sri Lanka.

NEGARA TERENDAH DAN PALING DATAR DI DUNIA

Guinness World Record mencatat bahwa Maladewa adalah negara terendah dan paling datar di dunia dengan ketinggian maksimumnya mencapai 2,4 meter di atas permukaan laut (MDPL). Negara ini terdiri atas 1.190 pulau.

100% PENDUDUKNYA BERAGAMA ISLAM

Maldives pernah diduduki oleh Portugis dan Inggris, tapi kemudian sukses direbut oleh salah seorang pemimpin muslim yang bernama Muhammad Thakurufaanu Al Auzam. Ia kemudian memimpin negara tersebut sejak tahun 1573. Mulanya Maldives adalah negara kesultanan yang berada di awah perwalian Inggris sampai akhirnya merdeka tanggal 26 Juli 1965.

Setelah itu, Maldives kemudian berubah menjadi Republik sampai saat ini. Pada tahun 2019, penduduk negara ini mencapai 530.000 dan seluruh rakyatnya menganut agama Islam. Dengan total luas wilayahnya 297,8 kilometer persegi, tidak berlebihan apabila negara ini dikatakan sebagai negara Islam terkecil yang ada di dunia.

ISLAM AGAMA WAJIB
Menyadur dari CBS News, Islam merupakan agama resmi di negara kepulauan ini dan warga negaranya diwajibkan secara hukum untuk mengikuti agama Islam.

Bahkan, tahun 2008 undang-undang menetapkan bahwa non-Islam tidak boleh menjadi warga negara.

Oleh karena itu, setiap wisatawan yang mendarat di Maladewa harus mematuhi peraturan negara tersebut.

Selain itu, pemerintah setempat juga melarang untuk mengimpor atau membawa bahan-bahan yang dianggap bertentangan dengan agama Islam, contohnya adalah pornografi, produk babi, sampai alkohol.

DILARANG BERBIKINI DI PANTAI

Sebagai salah satu negara yang menerapkan syariat Islam, pemerintah Maladewa melarang pemakaian bikini di area pantai umum untuk perempuan. Bikini hanya boleh dipakai ketika berada di pantai milik pribadi, pantai khusus, dan hotel. Jika melanggar aturan, maka siap-siap akan dijebloskan ke dalam penjara.

The Sun pernah melaporkan bahwa ada seorang perempuan yang ditangkap oleh petugas keamanan karena memakai bikini di pantai umum dan ketahuan tengah meneguk alkohol. Wanita tersebut kemudian ditangkap dan diadili.

Perekonomian negara ini sangat bergantung pada parawisata. Sehingga pemerintah memisahkan pantai umum dan pantai khusus untuk wisatawan lokal serta wisawatawan mancanegara.

ORANG PERTAMA DI MALADEWA

Orang pertama yang resmi berkuasa di Maladewa berasal dari India. Kerajaan Maldives diperkirakan sudah ada sekitar 269 SM yang didirikan oleh putra raja dari India. Raja sangat tidak menyukai dengan putranya sehingga ia mengirimkan anaknya ke Maladewa.

AKHIR PEKAN

Bila akhir pekan sebagian besar negara di dunia adalah Sabtu dan Minggu, lain halnya dengan Maladewa. Uniknya, Maladewa mempunyai akhir pekan di hari Jumat dan Sabtu.

[Video - The Maldives - Most beautiful place on the Earth?!]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
close