NASA Rilis Foto Detail Alam Semesta, Pembuktian Surat As-Saffat Ayat 6 - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

NASA Rilis Foto Detail Alam Semesta, Pembuktian Surat As-Saffat Ayat 6

 

KONTENISLAM.COM - Badan antariksa Amerika Serikat (AS) NASA dan Presiden AS Joe Biden akhirnya mengungkapkan gambar berwarna pertama dari teleskop luar angkasa James Webb (James Webb Space Telescope/JWST), Senin (11/7/2022) waktu setempat atau Selasa WIB kemarin.

Setelah 14 tahun pengembangan dan enam bulan kalibrasi, JWST untuk pertama kalinya menunjukkan gambaran awal dari alam semesta.


Mengutip situs resminya, Selasa (12/7/2022), NASA mengatakan bahwa gambar ini adalah gambar inframerah terdalam dan paling tajam dari alam semesta yang jauh hingga saat ini.


Dikenal sebagai Webb's First Deep Field, gambar tersebut berisi gugusan galaksi SMACS 0723 ini menampilkan banyak detail.


"Potongan alam semesta yang luas ini menutupi sepetak langit kira-kira seukuran sebutir pasir yang dipegang sejauh lengan oleh seseorang di tanah," kata NASA dalam keterangannya.


Gambar ini diambil oleh Near-Infrared Camera (NIRCam) milik teleskop James Webb. Bidang dalam tersebut adalah komposit atau gabungan dari gambar pada panjang gelombang yang berbeda, dengan total waktu 12,5 jam.


Gambar ini memperlihatkan klaster galaksi SMACS 0723 seperti saat dia muncul 4,6 miliar tahun yang lalu.


Massa gabungan dari semua galaksi yang digambarkan bertindak sebagai lensa gravitasi, memperbesar benda-benda langit yang jauh lebih jauh yang terlihat di latar belakang.


NASA mencatat, beberapa galaksi memiliki struktur yang belum pernah terlihat sebelumnya. Para peneliti pun akan segera mempelajarinya demi mengetahui sejarah alam semesta lebih lanjut. 


***


Galaksi adalah sekumpulan bintang yang membentuk sebuah sistem, terdiri dari satu atau lebih benda angkasa yang berukuran besar dan juga dikelilingi oleh benda-benda angkasa lainnya secara teratur. 


Di dalam ilmu astronomi, galaksi artinya sebagai sebuah sistem yang terdiri dari bintang-bintang, gas dan debu yang amat luas, di mana anggotanya mempunyai gaya tarik menarik (gravitasi). sebuah galaksi pada umumnya terdiri dari miliaran bintang yang mempunyai ukuran, warna dan ciri-ciri yang sangat beraneka ragam.


INILAH YANG DIFIRMANKAN SANG PENCIPTA ALAM SEMESTA:


اِنَّا زَيَّنَّا السَّمَاۤءَ الدُّنْيَا بِزِيْنَةِ ِۨالْكَوَاكِبِۙ


"Sesungguhnya Kami telah menghiasi langit dunia (yang terdekat) dengan hiasan (berupa) bintang-bintang." [QS. As-Saffat Ayat 6] 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
close