PayPal Elon Musk dan Amazon Milik Jeff Bezos Tak Daftar PSE Kominfo - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PayPal Elon Musk dan Amazon Milik Jeff Bezos Tak Daftar PSE Kominfo


KONTENISLAM.COM - Tenggat waktu pendaftaran Penyelenggara Sistem Elektronik Kementerian Komunikasi dan Informatika (PSE Kominfo) telah resmi ditutup pada Jumat, 29 Juli 2022 pukul 23.59 WIB.


Berdasarkan pantauan VIVA Tekno, aplikasi-aplikasi yang sebelumnya telah disurati Kominfo, hanya aplikasi Battle.Net yang memilih untuk  mendaftar ke PSE Kominfo.


Sementara sembilan PSE besar lainnya seperti Paypal, Yahoo search engine, Bing, Epic Games, e-commerce Amazon, Steam, Dota, CS Go dan Origin, tidak mendaftarkan diri ke PSE Kominfo sehingga namanya tidak muncul di situs.


Sekadar informasi, PayPal merupakan layanan milik Elon Musk, sedangkan e-commerce Amazon kepunyaan Jeff Bezos. Kedua sosok ini merupakan orang terkaya pertama dan kedua di dunia.


Penelusuran VIVA Tekno pada Sabtu, 30 Juli 2022 pukul 00.04 WIB terhadap situs dan aplikasi Yahoo search engine pada iOS, masih berfungsi dan bisa diakses dari Indonesia.


Padahal, sebelumnya Kominfo telah menegaskan, bagi PSE-PSE besar yang memilih untuk tidak mendaftar PSE terpaksa harus dikenakan sanksi berupa pemutusan akses sementara dari Indonesia.


“Kalau mereka enggak daftar sampai pukul 23.59, saya sekali lagi minta maaf kepada masyarakat, layanan ini enggak bisa diakses dari Indonesia,” kata Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan di Jakarta, Jumat, 29 Juli 2022.


Kominfo mengklaim, kedepannya setiap PSE yang belum mendaftar dan terancam diblokir oleh Kominfo nantinya akan secara rutin diumumkan. “Tiap kali (ada) yang belum daftar (PSE) akan dblokir dan pasti diumumkan,” tegasnya.


Selain itu, ke depannya, pemutusan akses terhadap Sistem Elektronik (SE) lainnya akan terus dilanjutkan secara gradual dan berkala sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.


“Seribu (PSE dengan trafik tertinggi) sedang proses sekarang lagi kita sisir apakah mereka termasuk ke 6 kategori tadi,” tegas Semuel.


Adapun, hingga pendaftaran ditutup, jumlah PSE yang terdaftar di Kominfo berubah menjadi 9.003 yang meliputi 8.718 PSE domestik dan 285 PSE asing.[viva]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam