Peduli Lingkungan, Ganjar Pranowo Terima Penghargaan KLHK, Netizen: Salam dari Wadas dan Kendeng

 

KONTENISLAM.COM - Provinsi Jawa Tengah (Jateng) menyabet penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2021 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Provinsi Jateng berhasil menduduki peringkat pertama untuk kategori pemerintah provinsi, diikuti Jawa Barat dan Jawa Timur.


Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengungkapkan penghargaan itu untuk aktivis yang bergerak menyelamatkan lingkungan.


“Penghargaan untuk mereka pelaku atau aktivis yang bergerak menyelamatkan lingkungan terus kemudian ia menginisiasi sampai pada kemudian pembuatan kebijakan. Saya mewakili mereka untuk menerima saja. Terima kasih untuk masyarakat, OPD, dan DPRD yang membantu," kata Ganjar saat menerima penghargaan dari Wakil Menteri LHK Alue Dohong di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta dalam keterangan yang diterima TribunBatam.id, Rabu (20/7/2022).


Sebagai penerima penghargaan terbaik, lanjut Ganjar, tentunya memiliki tanggung jawab moral lebih untuk bisa menggerakkan partisipasi masyarakat dan semua instansi.

“Bukan berarti kita bangga atau senang. Bukan berarti kita berhenti. Justru ini punya pesan moral di mana kita harus terus melakukan peningkatan kualitas dalam rangka merawat lingkungan kita,agar bisa sustainable terpelihara dengan baik,” ungkapnya.


Direktur Jenderal (Dirjen) Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan KLHK, Bambang Supriyanto, mengatakan Nirwasita Tantra diberikan kepada pemerintah kabupaten, kota, dan provinsi, termasuk legislatif.


“Itu ada sebuah gerakan bukan kerumunan tapi barisan yang terintegrasi sehingga tujuan dari menjadikan indeks kualitas lingkungan hidup menjadi lebih baik, tutupan lahannya lebih baik, iklim menjadi baik itu akan terjadi. Ini leadership kota dan kabupaten nanti disinergikan akan menjadi sumber koherensi secara nasional," kata Bambang.


Sebagai informasi, Provinsi Jateng sejumlah kabupaten/kota juga menyabet penghargaan Nirwasita Tantra 2021.


Antara lain Kabupaten Sukoharjo untuk kategori kabupaten sedang, Kabupaten Banyumas untuk kategori kabupaten besar.


Sedangkan untuk kategori kota kecil ada Pemkot Magelang.


Selain itu DPRD Jaa Tengah juga menyabet peringkat pertama untuk kategori DPRD Provinsi.


Selain Nirwasita Tantra 2021, KLHK juga memberikan penghargaan Kalpataru 2022. Penghargaan Kalpataru diberikan kepada 10 pahlawan lingkungan di seluruh Indonesia.

Mereka terbagi dalam kategori perintis, pengabdi, penyelamat dan pembina. [tribunnews]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close