Pemilih NasDem Lari Gegara Pilih Anies Baswedan, Refly Harun: Konsekuensi Logis, Karena... - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pemilih NasDem Lari Gegara Pilih Anies Baswedan, Refly Harun: Konsekuensi Logis, Karena...

 

KONTENISLAM.COM - Survei teranyar yang dilakukan Indonesia Elections and Strategic (indEX) Research menunjukkan elektabilitas Nasdem anjlok setelah mengusulkan Anies Baswedan sebagai calon presiden.

Dalam survei periode April 2022, Nasdem mengamankan posisi di atas ambang batas parlemen 4 persen. Tetapi kini elektabilitas Nasdem tersisa 1,5 persen saja.

 

Menanggapi hal itu, pengamat politik Indonesia, Refly Harun mengatakan, jika elektabilitas NasDem terjun bebas gegara mendukung Anies adalah konsekuensi logis. Sebab menurutnya, para pemilih NasDem notabene adalah pendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi).


"Ketika NasDem mencalonkan Anies Baswedan sebagai jagoannya, dan Anies dipersepsi bertolak belakang dengan Presiden Jokowi, maka tentu saja pemilih NasDem akan lari. Itu konsekuensi logis," kata Refly di kanal YouTube pribadinya dikutip pada Minggu (17/7/2022).


Meskipun NasDem juga memasukkan Ganjar Pranowo sebagai rekomendasi capres, itu tidak berpengaruh terhadap elektabilitas partai. Kata Refly, hal ini disebabkan adanya Anies di urutan pertama capres rekomendasi NasDem.


"Tapi apakah kemudian NasDem bisa mempertahankan pemilihnya, toh dia juga merekomendasikan Ganjar misalnya. tidak juga. Karena walaupun merekomendasikan Ganjar, Anies ditempatkan di nomor pertama yang seolah-olah bahwa karena kedekatan dan lain sebagainya Surya Paloh pasti akan mencalonkan Anies," jelasnya.


Sementara itu, para pendukung Anies juga masih meragukan NasDem karena partai ini juga merekomendasikan dua nama lainnya.


"Karena belum ada kejelasan apakah benar NasDem akan menjagokan Anies, maka pemilih potensial Anies belum melihat NasDem sebagai sebuah alternatif," ucapnya. [wartaekonomi]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
close