Puan Mau Safari Politik, Sinyal Kuat PDIP Siapkan Capres 2024 - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Puan Mau Safari Politik, Sinyal Kuat PDIP Siapkan Capres 2024

Ketua DPP PDIP Puan Maharani 

KONTENISLAM.COM - Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri menugaskan putrinya, Puan Maharani untuk melakukan safari politik menemui pimpinan partai politik.

Safari politik Puan ini dinilai jadi sinyal PDIP kemungkinan beri karpet merah untuk Ketua DPR tersebut menuju 2024.

Pengamat politik dari Indonesia Politic Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah menilai tugas Megawati ke Puan jadi kode Ketua DPP PDIP itu kemungkinan kuat didorong maju ke kontestasi Pilpres 2024.

"Turunnya Puan berkomunikasi dengan elite parpol lain juga menguatkan dugaan jika PDIP mengarahkan dukungan ke Puan sebagai capres 2024," kata Dedi dikutip pada Kamis, 21 Juli 2022.

Dedi juga menganalisa tugas untuk Puan itu juga agar bisa menyelami dinamika koalisi.

Sebab, dengan kekuatan elektoral PDIP, Puan punya posisi tawar tinggi dalam penjajakan koalisi.

Dengan demikian, hal itu juga bisa membuat sosok Puan bisa makin diperhitungkan.

"Ini penanda kuat Puan bersiap lakukan konsolidasi lintas parpol. Sekaligus menjalani proses regenerasi dari Ketua Umum Megawati. Dan, memang ini adalah tugas khusus yang harus dijalani Puan," tuturnya.

Pun, dia menambahkan jika safari politik direalisasikan Puan maka bagus untuk memilih calon teman dalam koalisi di 2024.

Meskipun status PDIP saat ini sebagai satu-satunya parpol yang bisa mengusung pasangan capres-cawapres tanpa berkoalisi.

"Meskipun PDIP cukup kuat dan melampaui porsi parpol lain dalam mengusung capres, tetap saja koalisi diperlukan agar semakin memudahkan kerja mesin parpol," jelas Dedi.

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP yang juga Ketua DPR Puan Maharani menyampaikan dapat tugas dari Megawati untuk mengurusi penjajakan koalisi.

Dia bilang tugas itu dalam bentuk menjalin silaturahmi dengan pimpinan parpol lain.

Meski tak menyebut waktunya, dia bilang safari politik PDIP akan dilakukan. Apalagi agenda Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDIP sudah rampung.

“Nanti saya juga ditugaskan ibu ketua umum sebagai Ketua DPR akan bersilaturahmi dengan semua ketua umum. dan kemarin kita baru saja selesai Rakernas. Ini kan masalah waktu saja,” kata Puan, Sabtu, 25 Juni 2022.

Selain itu, Puan menekankan PDIP jga siap bangun kerja sama dengan berbagai parpol.

Meski penuhi presidential threshold mengusung capres-cawapres, PDIP disebutnya masih tetap perlu kerja sama dengan parpol lain. [viva]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
close