Soroti Kunjungan Jokowi ke China, Pengamat Politik: Perang Dunia di Depan Mata, Jokowi Masih Urusin IKN

Soroti Kunjungan Jokowi ke China, Pengamat Politik: Perang Dunia di Depan Mata, Jokowi Masih Urusin IKN


KONTENISLAM.COM - 
Pengamat Politik Rocky Gerung menyoroti kunjungan Presiden Joko Widodo ke China guna membahas penguatan kerja sama di sektor ekonomi.

Menurut Rocky Gerung, pertemuan Jokowi dengan Presiden China, Xi Jinping akan meminta bantuan terkait masalah Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur.


Hal itu disampaikan Rocky Gerung dalam kanal Youtube pribadinya, dikutip pada Selasa 26 Juli 2022.


“Sebetulnya ketegangan perang dunia itu ada di depan mata kita, dan Indonesia masih berupaya untuk menemui China hanya untuk urusan sepele tuh, IKN. 'tolong dong, bantuin terus dong',” ujar Rocky Gerung.


Rocky Gerung juga menilai kunjungan Jokowi ke China menunjukkan pembacaan politik yang dangkal. Pasalnya, China di kancah politik global sudah dianggap sebagai common enemy atau musuh bersama.


“Aneksasi, mempengaruhi dan halangi kebebasan. Lain ceritnya kalau China membuka diri dengan sistem demokrasi, tapi kan enggak begitu yang terjadi. Ekonominya memang mengalami kapitalisasi, tapi politiknya tetap sangat otoriter kan. Itu intinya,” tuturnya. 


“Masak Indonesia mau proxy dengan negara yang otoriter terhadap rakyatnya sendiri dan terhadap mereka yang etnis dan agama lain seperti kasus di Xinjiang etnis Uighur?” pungkasnya. 


Seperti diketahui, Presiden Jokowi telah bertolak ke China pada Senin (25/7) pukul 13.00 WIB. Kunjungan tersebut dilakukan sebagai bagian dari lawatan Jokowi ke tiga negara Asia Timur pada pekan ini.


Sejumlah pejabat negara ikut serta mendampingi Jokowi dan Ibu Negara Iriana dalam kunjungan ke Beijing.


"Turut mendampingi Presiden Jokowi dan Ibu Iriana dalam penerbangan menuju Beijing, RRT [Republik Rakyat Tiongkok], yaitu Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, dan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia," demikian pernyataan dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden dalam rilis mereka pada Senin (25/7).


Tak hanya itu, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M Tonny Harjono, dan Kepala Protokol negara Andy Rachmianto juga ikut dalam perjalanan tersebut.


Sementara itu, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan telah lebih dahulu tiba di Beijing untuk mempersiapkan kunjungan Jokowi.


Jokowi sendiri akan bertemu dengan Presiden China Xi Jinping dan Perdana Menteri China Li Keqiang dalam kunjungan kali ini.


Tak hanya berkunjung ke Beijing, Jokowi bakal pergi ke Jepang dan Korea Selatan untuk membahas berbagai isu. [wartaekonomi]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close