Sri Mulyani Beberkan Kondisi Indonesia dan Jamin Tak Akan Ikuti Jejak Sri Langka, Roy Suryo Ucap 2 Kata Ini - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sri Mulyani Beberkan Kondisi Indonesia dan Jamin Tak Akan Ikuti Jejak Sri Langka, Roy Suryo Ucap 2 Kata Ini

 

KONTENISLAM.COM - Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo menyoroti soal pernyataan dari Menteri Keuangan Sri Mulyani yang jamin ekonomi Indonesia tak akan mengalami nasib seperti Sri Lanka.

Hal tersebut ditanggapi Roy Suryo melalui akun Twitter pribadi miliknya. Dalam cuitannya, Roy Suryo menanggapi hal itu hanya dengan dua kata saja.

 

"Dua kata saja: WOW, Mantab ... !," ujar Roy Suryo melalui akun Twitter pribadi miliknya pada Jumat (15/7).


Diketahui dari pemberitaan yang disertakan Roy Suryo, Sri Mulyani mengatakan bahwa ekonomi Indonesia tak akan mengalami nasib seperti Sri Lanka.


Adapun saat ini Sri Lanka terancam mengalami resesi karena negaranya yang bangkrut akibat utang yang menggunung, cadangan devisa yang menipis, hingga gagal membayar itu semua.


"Seluruh dunia menghadapi konsekuensi geopolitik dalam bentuk kenaikan bahan-bahan makanan, kenaikan harga energi yang mendorong lebih tinggi lagi inflasi setelah meningkat akibat pandemi," tutur Sri Mulyani.


Lanjut, Sri Mulyani mengatakan bahwa beberapa negara kalau kondisi awalnya tidak kuat apalagi sesudah dua tahun dihadapkan pada pandemi ketidakkuatan itu dilihat dari berbagai faktor.


Pertama, neraca pembayarannya; apakah thread account, capital account, cadangan devisanya memadai dari negara tersebut dampaknya kepada nilai tukar.


"Jadi kalau mereka mengalami kontraksi dalam akibat pandemi dan belum pulih ditambah dengan kemudian inflasi yang tinggi yang sekarang ini terjadi, ini akan makin menimbulkan kompleksitas suatu negara. Kemudian mereka juga akan melihat dari sisi monetary policy-nya," ungkap Sri Mulyani.


Sri Mulyani menerangkan bahwa dilihat pula dari APBN negara apakah jumlah utang terkendali atau justru defisit yang tidak bisa dikendalikan lagi.

 

"Mereka akan lihat dari sisi APBN-nya, apakah APBN-nya cukup kuat defisitnya terkendali dan juga dari sisi jumlah utang terhadap GDP dan debt service dari utang itu jadi tidak hanya level tapi juga khususnya," imbuh Sri Mulyani.[wartaekonomi]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
close