Survei PWS: Kepuasan Rakyat Terhadap Kinerja Jokowi-Maruf Turun

Survei PWS: Kepuasan Rakyat Terhadap Kinerja Jokowi-Maruf Turun 

KONTENISLAM.COM - Lembaga survei Political Weather Stations (PWS) merilis hasil survei terbaru tentang tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf. Hasilnya, kepuasan Publik pada kinerja Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf mengalami penurunan.

Peneliti senior PWS Mohammad Tidzi, mengatakan berdasarkan survei PWS Januari 2022, sebanyak 65,8% publik menyatakan puas terhadap kinerja pemerintahan Jokowi-Ma’ruf. Namun pada survei PWS Juni 2022 tingkat kepuasan publik sedikit menurun menjadi 62,8%.

"Menurunnya kinerja pemerintahan Jokowi-Ma’ruf diantaranya juga diindikasikan oleh semakin menurunnya proporsi publik yang menyatakan kondisi ekonomi rumah tangganya menjadi lebih baik," kata Tidzi dalam konferensi persnya, Rabu 6 Juli 2022.

Ketika PWS menanyakan apakah kondisi ekonomi rumah tangga responden semakin baik, semakin buruk, atau sama saja, hanya 26,4% yang mengaku lebih baik. Padahal pada survei PWS Januari 2022 masih terdapat 39,7% yang menyatakan ekonomi rumah tangganya semakin baik.

"Sebaliknya yang menyatakan ekonomi rumah tangganya lebih buruk meningkat dari 18,8% (survei Januari) menjadi 29,8% (survei Juni)," ujar Tidzi

Dia menambahkan, ada beberapa penyebab kondisi tersebut bisa terjadi. Diantaranya yakni karena berbagai masalah nasional yang muncul dalam beberapa bulan terakhir.

Seperti masalah minyak goreng, kenaikan harga BBM dan tarif listrik, melonjaknya harga-harga kebutuhan pokok. "Isu perpanjangan masa jabatan presiden dan sebagainya, nampaknya cukup menggerus tingkat kepercayaan publik terhadap pemerintah (termasuk terhadap para menteri kabinet)," ujarnya

Survei ini dilaksanakan tanggal 15 s/d 28 Juni 2022 di 34 (tiga puluh empat) provinsi yang ada di seluruh Indonesia. Proses survei djlakukan dengan teknik wawancara tatap muka dengan pedoman kuesioner melalui aplikasi google form.

Jumlah sampel yang dilibatkan sebesar 1420 responden, diperoleh melalui teknik pencuplikan multistage random sampling. Margin of error +/- 2.6 persen, dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95 persen.

Sumber: viva

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close