Tubuh Goyah Tangan Kaku di Iran, Putin Benar-benar sedang Sakit? - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tubuh Goyah Tangan Kaku di Iran, Putin Benar-benar sedang Sakit?

Tubuh Goyah Tangan Kaku di Iran, Putin Benar-benar sedang Sakit? 

KONTENISLAM.COM - Video Presiden RusiaVladimir Putin tampak goyah dan lengan kanannya kaku selama kedatangannya di Iran pada Selasa, 19 Juli 2022 disorot. Hal itu telah memicu spekulasi bahwa dia dalam kondisi kesehatan yang buruk.

Desas-desus semacam itu yang belum terbukti telah membayangu Putin dalam beberapa bulan terakhir. Pun membuat publik mempertanyakan apakah Rusia memiliki rencana untuk kemungkinan mencari pengganti Putin.

Setiap negara diketahui bisa memiliki rencana darurat jika pemimpin mereka tiba-tiba tidak dapat melakukan tugas yang diperlukan, dan Rusia tidak berbeda.

Jika Putin mengundurkan diri, meninggal atau diberhentikan dari jabatannya, Konstitusi Rusia menyatakan bahwa perdana menteri akan mengambil alih tugas penjabat presiden, kata Yuri Zhukov, seorang profesor di University of Michigan.

“Faktanya, ini adalah bagaimana Putin naik ke tampuk kekuasaan pada tahun 1999, menyusul pengunduran diri mantan Presiden Boris Yeltsin pada Malam Tahun Baru,” kata Zhukov, dikutip dari Newsweek, Kamis 21 Juli 2022.

Perdana Menteri Rusia saat ini adalah Mikhail Mishustin. Pakar politik Rusia dan profesor Universitas Syracuse Brian Taylor mengatakan kepada bahwa kasus Mishustin adalah dia akan menjadi jalan yang paling tidak ditentang jika Putin tiba-tiba harus meninggalkan jabatannya akibat kondisi kesehatan buruk.

Taylor menekankan bahwa tidak diketahui siapa yang disukai elite Rusia. Bahkan jika Mishustin mengambil alih kursi kepresidenan dalam keadaan darurat, dia mungkin bukan pilihan jangka panjang.

Dalam sebuah ulasan pada bulan April untuk Urusan Luar Negeri, Taylor menulis secara rinci tentang kekuatan yang dimiliki elit sipil Rusia atas pengambilan keputusan Kremlin tentang kepemimpinan.

Dia mengatakan bahwa sementara Rusia mengadakan pemilihan, hasil pemungutan suara menjadi semakin lebih palsu di bawah kendali Putin dan dia mengangkangi lembaga formal negara itu dan menjadikan dirinya pusat dari segalanya.

"Jika Putin meninggal atau meninggalkan jabatannya secara tak terduga, oleh karena itu, aliansi antar elit setidaknya akan sama pentingnya dengan aturan formal dalam menentukan siapa yang menggantikannya," kata dia.

Namun ada kabar klaim bahwa beberapa elite di Rusia telah mengecam Putin dan mungkin mendorongnya untuk mundur dalam waktu dekat.

Meduza, sebuah situs berita independen berbahasa Rusia dan Inggris yang berbasis di Latvia menulis pada bulan Mei bahwa sementara perang telah populer di kalangan publik Rusia, banyak elit ingin segera berakhir, terutama karena mereka telah terpukul keras oleh sanksi ekonomi. Elite yang sama diduga menyalahkan Putin atas kesulitan mereka.

"Bukannya mereka ingin menggulingkan Putin sekarang atau mereka sedang merencanakan konspirasi, tetapi ada pemahaman, atau keinginan, bahwa dia tidak akan memerintah negara mungkin di masa mendatang," ujar salah satu sumber Meduza.

The Washington Post pekan lalu menulis bahwa Nikolai Patrushev, Sekretaris Dewan Keamanan Rusia memiliki pengaruh besar di Kremlin dan pada akhirnya bisa mengisi posisi Putin.

Zhukov setuju bahwa Patrushev bisa menjadi penerus potensial, seperti halnya Dmitry Medvedev, yang sebentar lagi menjabat sebagai presiden ketika Putin mengambil jeda di antara masa jabatan.

"Kremlin memiliki banyak menara, artinya ada banyak klan saingan yang memperebutkan kekuasaan. Di urutan teratas adalah klan elit dari dinas keamanan siloviki, seperti Patrushev, dan orang lain dengan latar belakang KGB/FSB, seperti Sergey Naryshkin dan Igor Sechin," kata Zhukov.

“Ada juga klan mantan rekan Putin dari Sankt Peterburg, seperti Medvedev dan Dmitry Kozak yang umumnya berlatar belakang hukum."

Sumber: viva

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
close