Utang Negara Numpuk, Anggaran Kacau! Pakar Sebut Cara Kejam Pemerintah untuk Mengatasinya: Pemiskinan Struktural, Kenapa? - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Utang Negara Numpuk, Anggaran Kacau! Pakar Sebut Cara Kejam Pemerintah untuk Mengatasinya: Pemiskinan Struktural, Kenapa?

 

KONTENISLAM.COM - Pakar ekonomi Rizal Ramli menyoroti mengenai utang negara yang terus menumpuk, sedangkan anggaran semakin berkurang, dan menyinggung cara pemerintah mengatasinya.

Rizal Ramli menyebut bahwa untuk membayar bunga utang saja, pemerintah harus melakukan pinjaman, untuk mengatasi hal ini mereka akan menyedot likuiditas.

 

"Utangnya kan sudah kebesaran sehingga untuk bisa membayar itu pemerintahnya ngutang terus untuk membayar bunga utang aja harus ngutang."


"Untuk itu dia musti sedot likuiditas di dalam masyarakat, yaitu pertambahan kredit yang biasanya 15 persen ini malah hanya sekitar 3 persen," bebernya.


Jika likuiditas dalam masyarakat disedot oleh pemerintah, maka rakyat akan semakin tercekik di tengah kesusahannya, bukan hanya karena Covid-19 lagi.


"Artinya likuiditas di masyarakat disedot, itu yang bikin rakyat susah, bukan hanya karena Covid, sehingga golongan menengah udah banyak digadein asetnya, mobilnya," ungkapnya.


Golongan menengah menggadaikan asetnya, sedangkan golongan menengah ke bawah tidak mempunyai pilihan lain sehingga memakai Pinjol, kemudian terjadilah pemiskinan struktural.


"Golongan menengah bawah kan tidak ada pilihan, akhirnya tergantung sama pinjaman online yang bunganya sangat tinggi, dan ini proses pemiskinan struktural."


"Kenapa? karena likuiditas yang ada disedot untuk nombokin bayar utang yang jor-joran ini," pungkasnya yang dikutip dari YouTube Refly Harun, Senin (18/7). [wartaekonomi]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
close