Wali Kota Depok Usul Pembentukan Jakarta Raya yang terdiri dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wali Kota Depok Usul Pembentukan Jakarta Raya yang terdiri dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi

 

KONTENISLAM.COM - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menanggapi usulan pembentukan Jakarta Raya yang terdiri dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi, yang didengungkan Wali Kota Depok Mohammad Idris.

Riza menyebut gagasan ini juga sempat diutarakan oleh mantan Gubernur DKI Jakarta, Sutiyoso.

Namun, Riza mengaku Pemprov DKI tidak bisa begitu saja membuat keputusan karena hal ini merupakan kewenangan pemerintah pusat.
"Kami berterima kasih kalau Wali Kota Depok mengusulkan wilayah Jakarta Raya. Namun, terkait itu, kami sepenuhnya menyerahkan kepada pemerintah pusat dan juga daerah lain untuk dibahas bersama," kata Riza kepada wartawan, Rabu, 13 Juli 2022.

Sehubungan dengan hal itu, Riza pun mengaku kebijakan yang diterapkan Jakarta dengan daerah penyangga memang tidak bisa sepenuhnya dipisahkan.

Salah satu contoh kebijakannya adalah penerapan level PPKM, sistem transportasi, hingga pengendalian banjir berupa normalisasi sungai.

Dari adanya usulan ini, Riza pun meminta masyarakat Ibu Kota untuk tidak menilai gagasan pembentukan Jakarta Raya sebagai hal yang membebankan.

"Jangan menganggap itu beban bagi Jakarta! Jangan! Mereka adalah saudara kita bersama. Apapun masalah yang ada di wilayah penyangga, itu yang harus kita selesaikan," ungkap dia.

Sebelumnya, Wali Kota Depok Mohammad Idris mengusulkan daerah pinggiran Jakarta disatukan menjadi Jakarta Raya.

"Satu ide saya kalau mau sukses pembangunan Jakarta dan sekitarnya satukan Jakarta Raya," kata Mohammad Idris setelah meninjau pemotongan kurban di Jalan H Icang, Kelurahan Tugu, Cimanggis, Ahad, 10 Juli 2022.

Menurut Idris, permasalahan yang ada di wilayah daerah penyangga Jakarta mudah terselesaikan jika kawasan tersebut digabung. Ia juga menyebutkan peran satu gubernur untuk penggabungan wilayah itu.

"Masalah banjir, masalah apa bisa selesai semua. Kalau satu gubernur Jakarta Raya," ujar dia yang juga membenarkan Depok ingin masuk Jakarta.[VOI]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam