Ada Apa Perwakilan Budha dengan Jokowi? Kasus Meme Stupa Dianggap Menyinggung, Bandingkan dengan Patung Budha Mirip Gus Dur: Mereka... - KONTENISLAM.COM Berita Terupdate

Ada Apa Perwakilan Budha dengan Jokowi? Kasus Meme Stupa Dianggap Menyinggung, Bandingkan dengan Patung Budha Mirip Gus Dur: Mereka...

Ada Apa Perwakilan Budha dengan Jokowi? Kasus Meme Stupa Dianggap Menyinggung, Bandingkan dengan Patung Budha Mirip Gus Dur: Mereka... 

KONTENISLAM.COM - Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus meme stupa Borobudur berwajah Jokowi yang belum lama ini membuat geger.

Roy Suryo dituduh menistakan agama Budha karena unggahan meme Stupa Berwajah Jokowi, dan dilaporkan oleh Ketua Umum Dharmapala Nusantara Kevin Wu ke Polda Metro Jaya.

Warganet dengan akun Twitter @Wawat_Kurniawan menyinggung mengenai orang yang dianggap mewakili umat Budha ini, dan mempertanyakan mengapa begitu tersinggung dengan meme Stupa.

"Ada apa dgn dia yg merasa mewakili Umat BUDHA dgn pak JOKOWI? knp mereka begitu TERSINGGUNG hingga harus Menghukum Roy Suryo saat Foto wajah Budha dimiripkan dgn wajah pak jokowi?" ungkapnya.

Pada tahun 2010, pernah ada patung Budha dengan wajah mantan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di Studio Mendut Magelang, Jawa Tengah.

Patung ini diciptakan oleh Cipto Purnomo sebagai peringatan 40 hari wafatnya Gus Dur, tapi ini dianggap melecehkan simbol agama Buddha.

Namun, ini dibantah oleh pemilik Stodio Mendut Sutanto, bahwa tidak ada maksud seniman melecehkan Buddha, karya ini untuk menggambarkan Gus Dur yang pluralis.

Patung itu dibuat sebagai ungkapan cinta terhadap Gus Dur yang tidak pernah melecehkan agama lain, dia tidak dimiliki oleh satu kelompok tertentu, namun dimiliki seluruh bangsa.

Patung Buddha berwajah Gus Dur pun akhirnya ditutup dengan ranting-ranting kayu, Jumat (12/2), dan dipasang tulisan bahwa patung ditutup untuk umum.

Sementara itu, saat patung ini ada, umat Budha disebut menyukainya, berbeda dengan meme Stupa Berwajah Jokowi, ini yang menjadi pertanyaan besar.

"Apakah mrk gitu Membenci pak JOKOWI? Krn saat Parung Budha dibuat wajahnya mirip GUSDUR mrk sukacita," pungkas Wawat yang dikutip dari Twitter, Rabu (3/8).[wartaekonomi]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close