Akademisi Ungkap Beberapa Penyebab Negara Disebut 'Gagal', Salah Satunya Soal BBM, Apakah Semua Terjadi di Era Jokowi?

Akademisi Ungkap Beberapa Penyebab Negara Disebut 'Gagal', Salah Satunya Soal BBM, Apakah Semua Terjadi di Era Jokowi?

KONTENISLAM.COM - Akademisi Cross Culture Ali Syarief menyinggung beberapa alasan negara bisa disebut gagal, pemerintahan era Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun menjadi sorotan.

Ali Syarief mengatakan bahwa pemerintahan disebut gagal jika tidak mampu mengemban beberapa tanggung jawab dasar, seperti tidak menjaga sistem hukum.

 

"Apa itu Negara gagal? Pemerintahan yg gagal dlm beberapa tanggung jawab dasar, misalnya; tdk bisa menjaga sistem hukum bekerja dengan benar," ucapnya yang dikutip dari Twitter @alisyarief, Jumat (26/8).


Saat ini, publik tengah dihebohkan dengan kasus pembunuhan Brigadir J, yang menyeret puluhan anggota polisi, salah satunya mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo.


Terdapat banyak drama dalam kasus tersebut, dimulai dari rekayasa Ferdy Sambo, sampai Jokowi telah memerintahkan sebanyak 4 kali agar kasus tewasnya Brigadir J bisa diusut secara tuntas.


Sementara itu, dalam beberapa waktu terakhir sinyal kenaikan harga BBM subsidi telah berhembus, lantaran pemerintah beberapa kali mengeluh bahwa APBN terbebani, karena subsidi mencapai Rp501 triliun.


Jika Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi naik, seperti Pertalite dan Solar, maka kemungkinan besar akan berpengaruh pada harga pangan serta transportasi umum, sehingga rakyat miskin yang paling terkena dampaknya.


"Buruk dlm pelayanan publik; listrik, air, pendidikan, rumah sakit, BBM, dll. Ia semakin terjebak dalam lingkaran kemiskinan dan kekerasan," pungkas Ali. [wartaekonomi]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close