Diduga Kehabisan Ide Cerita Hingga Ubah Alurnya, Pakar Hukum Soal Tewasnya Brigadir J: Jangan Lupa, Pasal Aniaya Mayat Itu Ada

Diduga Kehabisan Ide Cerita Hingga Ubah Alurnya, Pakar Hukum Soal Tewasnya Brigadir J: Jangan Lupa, Pasal Aniaya Mayat Itu Ada


KONTENISLAM.COM - 
Pakar hukum pidana, M Taufiq, menanggapi berubahnya alur cerita polisi tembak polisi antara Brigadir J dan Bharada E.

Dalam keterangan sebelumnya, diinformasikan bahwa Bharada E melepaskan tembakan sebanyak 5 kali guna untuk melindungi diri sendiri.

 

Namun, belum lama ini Komnas HAM mengemukakan bahwa tembakan yang dilesatkan oleh Bharada E terhadap Brigadir J bukan semata untuk melindungi diri.


Bahkan, Bharada E mengakui setelah melihat Brigadir J tersungkur, ia masih melepaskan tembakannya ke Brigadir J untuk memastikan Brigadir J sudah tidak bergerak.


M Taufiq menyoroti keterangan tersebut. Menurutnya, apa yang dilakukan Bharada E bisa dikategorikan sebagai tindak menganiaya mayat dan itu bisa dikenai pasal.


“Jangan lupa, pasal menganiaya mayat itu juga ada. Jadi tidak boleh orang memperlakukan mayat sewenang-wenang itu tidak boleh,” ujar M Taufiq di kanal YouTube Refly Harun yang tayang pada Jumat (5/8).


Pakar hukum pidana ini lantas mengaitkan keterangan Bharada E yang terbaru justru melengkapi dua alat bukti sesuai pasal 184 KUHP.


Adapun alat bukti yang dimaksud dalam pasal tersebut yaitu fakta dan pengakuan. Yang disebut fakta adalah Brigadir J tewas dan yang disebut pengakuan adalah pengakuan dari Bharada E.


“Jadi kalo kehabisan ide, kehabisan cerita, kemudian yang muncul yang terbaru adalah bahwa sudah tersungkur ditembak 2 kali dari jarak dua meter itu kan sudah dua alat bukti sebagaimana yang ditemukan di pasal 184 KUHAP,” ujar M Taufiq.[wartaekonomi]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close