GALAKSI (Berbentuk) RODA GEROBAK & KIAMAT BUMI - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

GALAKSI (Berbentuk) RODA GEROBAK & KIAMAT BUMI

 

KONTENISLAM.COM - Hari demi hari, hasil tangkapan teleskop angkasa JWST (James Webb Space Telescope) memberikan gambar yang sangat mempesona.

Kali ini sebuah galaksi berbentuk seperti roda gerobak, bentuknya sangat unik. Hubble pernah memotret galaksi ini, namun JWST menyempurnakan gambarnya.


Berbeda dengan kebanyakan galaksi yang berbentuk spiral, Galaksi Cartwheel ini diduga hasil tabrakan atau merger galaksi besar dan galaksi kecil. Hasilnya galaksi ini seperti memiliki dua cincin, bagian dalam dan luar.


Dan kalau kita tengok galaksi tempat kita tinggal, Bimasakti, maka nantinya juga ia akan bertabrakan dengan galaksi tetangganya yang paling dekat, Galaksi Andromeda.


Waduh, galaksi kita akan tabrakan? Bagaimana nasib kita dong???

Jangan kuatir, tabrakannya masih lama, diperkirakan 5 milyar tahun lagi. Tabrakan antar galaksi bukan berarti semua bintang dan planetnya bertubrukan hancur.


Dan lagipula manusia dan semua makhluk hidup di bumi sudah punah pada masa itu.


Orang beragama meyakini kiamat, hanya tidak tahu bentuk kiamatnya akan seperti apa.


Dan astrofisikawan pun tahu bahwa bumi ini tidak langgeng selamanya, bumi kita yang indah ini pun pada masanya akan binasa juga.


Ada banyak sekali jalan yang akan membuat kehidupan di bumi ini punah. Mulai dari yang pasti seperti berubahnya matahari menjadi red giant, raksasa merah, yang kemudian akan menelan bumi. Atau sebelum itu meningkatnya luminositas matahari yang akan membuat atmosfer kita hilang dan semua lautan dan sungai menguap.


Atau jauh sebelum itu kalau ada meteor atau asteroid besar yang menumbuk bumi. Atau ketika ada bintang raksasa yang dekat dengan tata surya meledak sebagai supernova dan mengirim sinar dan materi yang merusak atmosfer bumi.


Kita tidak tahu pasti takdir kita, mana yang akan datang duluan menghabisi peradaban kita.


Namun sebagai warga Pancasila yang berketuhanan, kita tidak perlu risau, karena kehidupan yang kita cari adalah bukan kehidupan di dunia fana ini.


Karenanya jalani tugas kita di dunia dengan sebaik-baiknya, menjauhi sikap sombong terhadap sesama, welas asih terhadap makhluk hidup di sekitar kita.


(Muhammad Jawy)


*fb

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam