Imbas Brigadir J Tewas, Irjen Ferdy Sambo Kini Mengurus Angkutan Polri - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Imbas Brigadir J Tewas, Irjen Ferdy Sambo Kini Mengurus Angkutan Polri

Imbas Brigadir J Tewas, Irjen Ferdy Sambo Kini Mengurus Angkutan Polri 

KONTENISLAM.COM - Kasus tewasnya Brigadir J atau Yoshua Hutabarat berbuntut mutasi rjen Ferdy Sambo dari Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) ke Pelayanan Markas Kepolisian Republik Indonesia (Yanma Polri).

Padahal, Ferdy Sambo sudah mengemban jabatan strategis tersebut sejak 2020.

Pergeseran jabatan Irjen Ferdy Sambo diumumkan berdasarkan keputusan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Surat Telegram (ST) Kapolri nomor ST: 1628/VIII/KEP/2022 tanggal 4 Agustus 2022.

Ferdy Sambo dicopot dan dimutasikan dari jabatannya sebagai Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri ke bagian Pati Yanma Polri. Listo menyampaikan, alasan pencopotan dan pemutasian Ferdy Sambo ini terkait dengan kematian Brigadir J yang terjadi di kediaman dinas Sambo, Komplek Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan.

"Saya keluarkan telegram khusus untuk memutasi dan tentunya harapan saya proses penanganan tindak pidana terkait meninggalnya Brigadir Yoshua akan berjalan dengan baik," ucap Listo melalui konferensi pers, Kamis (4/8/2022) malam.

Listyo menambahkan, keputusan tersebut diambil usai Irsus (Inspektorat Khusus) melakukan pemeriksaan kepada 25 personel polisi. 25 personel polisi tersebut diperiksa atas dugaan ketidakprofesionalan menangani kasus tewasnya Brigadir J di TKP (tempat kejadian perkara).

Yanma Polri adalah unsur pelayanan yang memiliki tugas untuk menyelaksanakan fungsi pembinaan, pelayanan umum serta urusan di lingkup Mabes Polri, terutama soal fasilitas Markas. Yanma Polri ini terletak di tingkat Mabes Polri dan di bawah Kapolri.

Pimpinan Yanma Polri ini disebut Kayanma, yang mana jabatan ini diberikan kepada Perwira Menengah dengan pangkat Komisaris Besar Polisi. Untuk saat ini, jabatan Kayanma Polri dipegang oleh Kombes Pol Hari Nugroho.

Dalam melakukan tugasnya, Yanma Polri mempunyai berbagai fungsi. Melansir dari berbagai sumber, adapun fungsinya yakni sebagai berikut:

Memberikan bimbingan serta arahan teknis penyelenggaraan pelayanan kantor atau markas kepada pelaksana urusan dalam diseluruh satuan kerja lingkup kepolisian.

Memberikan pembinaan, perencanaan program & anggaran, pengadministrasian, pelayanan tata usaha & materiil di lingkup Yanma Polri, serta mengatur perumahan di lingkup Polri.

Pelayanan markas bersifat umum

Pelayanan angkutan personel

Pemeliharaan serta perbaikan sarana angkutan

Pemeliharaan untuk fasilitas umum perkantoran

Pembinaan terhadap Korps musik Polri

[wartaekonomi

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
close