Lebih Afdhal Ijab Kabul Pakai Bahasa Arab, Musni Umar: Nikah dalam Islam Adalah Ibadah Ghairu Mahdhah, yang... - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lebih Afdhal Ijab Kabul Pakai Bahasa Arab, Musni Umar: Nikah dalam Islam Adalah Ibadah Ghairu Mahdhah, yang...

Lebih Afdhal Ijab Kabul Pakai Bahasa Arab, Musni Umar: Nikah dalam Islam Adalah Ibadah Ghairu Mahdhah, yang...


KONTENISLAM.COM - 
Rektor Universitas Ibnu Chaldun Musni Umar menyoroti perbincangan hangat soal pernikahan putri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang ijab kabulnya memakai bahasa arab.

Hal tersebut ditanggapi Musni Umar melalui akun Twitter pribadinya. Dalam cuitannya, Musni Umar mengatakan bahwa pernikahan dalam agama Islam merupakan ibadah.

 

Musni Umar menjelaskan bahwa ibadah tersebut masuk dalam ibadah ghairu mahdhah yakni ibadah yang tidak hanya menyangkut hubungan dengan Allah SWT, tetapi juga hubungan dengan sesama makhluk.


"Nikah dlm Islam adlh ibadah gairu mahdhah yg mrpkan ikatan agung disaksikan masyarakat dan Allah, maka sebaiknya dilakukan sesuai sunnat Rasulullah," tutur Musni Umar melalui akun Twitter pribadi miliknya, dikutip Senin (1/8).


Kemudian, Musni Umar juga menekankan bahwa pernikahan yang sesuai dengan sunnah, lebih utamanya yakni ijab kabul itu diucapkan dalam bahasa arab.


"Sesuai sunnat, lebih afdhal diucapkan dlm bahasa Arab.  Anies menikahkan puterinya Mutiara dgn Ali dlm bhs Arab," imbuh Musni Umar.


Sementara itu, diketahui bahwa Anies Baswedan setelah sang putri Mutiara Annisa Baswedan pada Jumat (29/7) di Ancol, Jakarta.


Dari pernikahan putri Anies Baswedan itu, yang menjadi perhatian publik ialah prosesi ijab kabul yang dilafalkan menggunakan bahasa Arab.


Meski begitu, prosesi pernikahan Mutiara Annisa Baswedan dengan Ali Saleh Alhuraiby berjalan lancar dan keduanya resmi menjadi suami istri.

 

Adapun beberapa tokoh agama yang kerap hadir ke pernikahan putri dari Anies Baswedan itu ada Ustaz Adi Hidayat, Prof Quraish Shihab, Habib Nabiel Almusawa, Syekh Abdullah Jaydi, Ustaz Salim A Fillah, Habib Zein, serta KH Syukron Ma'mun.[wartaekonomi]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
close