Ngeri! Kerjasama dengan China Era Megawati Kembali Disorot, Pantes Proyek Kereta Cepat Jokowi Amburadul: Dulu Orla Soekarno...

Ngeri! Kerjasama dengan China Era Megawati Kembali Disorot, Pantes Proyek Kereta Cepat Jokowi Amburadul: Dulu Orla Soekarno...


KONTENISLAM.COM - 
Pegiat media sosial Lukman Simandjuntak menyinggung mengenai model kerjasama dengan China pada masa Megawati Soekarnoputri menjabat sebagai presiden, hingga era pemerintahan Jokowi saat ini.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) tengah terlibat dengan China lantaran kerjasama mengenai proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung, yang kini sedang bermasalah.

 

Terkait pembengkakan biaya Kereta Cepat, Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara Kartika Wirjoatmodjo mengusulkan untuk meminjam 75 persen dari CBD (China Development Bank).


Selain itu, pada masa Megawati penjualan gas ke China diperkirakan rugi mencapai Rp500 triliun setiap tahun, hingga perlu untuk dihentikan.


Indonesia menjual gas murah ke China selama 25 tahun dan tidak dinaikkan meskipun harganya terus naik, akibat penjualan ini negara mengalami kerugian yang berdampak pada kesejahteraan rakyat.


"Ngerik nih model2 kerjasamanya, baik era Mega maupun Jokowi. Era mega kontrak penjualan gas ke China diperkirakan rugi 500 triliun per tahun," beber Lukman.


Sedangkan proyek Kereta Cepat dengan PT KCIC (Kereta Cepat Indonesia China), biayanya membengkak dari Rp84 triliun menjadi Rp114 triliun.


"Era Jokowi proyek KCIC dengan China dari 84 triliun bengkak jadi 114 triliun. Kini Wamen BUMN malah usulkan pinjaman lagi," ungkapnya yang dikutip dari Twitter @hipohan, Selasa (2/8).


Selain pada era Megawati dan Jokowi, pada masa orde lama jaman Soekarno kedekatan dengan China juga disinyalir menyebabkan krisis ekonomi.


"Kemenangan genk mereka spt keuntungan buat China. dulu orla Soekarno deket sm kominis china aja bikin krisis ekonomi parah sampe soekarno hrs mundur," cuit akun Twitter @masi***.[wartaekonomi]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close