Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 41 Dibuka, Said Didu Celetuk: Program Buang-buang Anggaran Disaat APBN Makin Berat - KONTENISLAM.COM Berita Terupdate

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 41 Dibuka, Said Didu Celetuk: Program Buang-buang Anggaran Disaat APBN Makin Berat

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 41 Dibuka, Said Didu Celetuk: Program Buang-buang Anggaran Disaat APBN Makin Berat

KONTENISLAM.COM - Mantan Sekretaris Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Said Didu menyoroti kebijakan pemerintah di bawah kepemimpinan Presuden Joko Widodo (Jokowi) yang kembali menggencarkan program Kartu Prakerja.

Hal itu ditanggapi Said Didu melalui akun Twitter pribadi miliknya. Dalam cuitannya, Said Didu menyinggung soal pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 41 yang telah kembali dibuka.

 

Said Didu mempertanyakan program tersebut yang kembali digencarkan sementara Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) kian berat.


"Masih ada program buang-buang anggaran seperti ini saat APBN makin berat?," ujar Said Didu melalui akun Twitter pribadi miliknya, Selasa (16/8).


Diketahui, pemerintah kembali membuka pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 41 sejak Minggu (14/8).


Hal itu seraya dengan pemberitahuan informasi dari akun media sosial Instagram resmi Kartu Prakerja @prakerja.go.id.


Sementara itu, terkait dengan APBN yang kian semakin berat, menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia menyampaikan terkait APBN, sejalan juga dengan adanya kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) dalam waktu dekat. 


Bahlil menuturkan bahwa Indonesian Crude Price (ICP) dalam APBN 2022 ditetapkan sebesar US$ 63 per barrel sementara harga minyak rata-rata pada periode Januari-Juli 2022 telah tembus US$ 105 per barel.


Adapun jika harga minyak saat ini di US$ 100 per barel maka nilai subsidi BBM bisa mencapai Rp500 triliun. 


Lebih lanjut, Bahlil menegaskan, sampai kapan APBN kuat menghadapi subsidi yang lebih tinggi lagi. Menurutnya beban yang ditanggung saat ini tidak sehat. 

 

"Jadi tolong teman-teman sampaikan juga kepada rakyat bahwa rasa-rasanya sih untuk menahan terus dengan harga BBM seperti sekarang feeling saya harus kita siap-siap kalau katakanlah kenaikan BBM itu terjadi," ujar Bahlil.


Tak hanya itu, ia pun menjelaskan bahwa selama ini subsidi BBM sebagian besar tidak tepat sasaran


Dengan begitu, saat ini pemerintah mengarahkan subsidi akan diberikan pada kendaraan-kendaraan untuk rakyat menengah ke bawah seperti motor di bawah 250 cc, angkutan umum, dan logistik untuk kepentingan rakyat.  [wartaekonomi]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close