Periksa ART dan Ajudan Ferdy Sambo, Komnas HAM: Kami Dapat Kemajuan Signifikan - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Periksa ART dan Ajudan Ferdy Sambo, Komnas HAM: Kami Dapat Kemajuan Signifikan

Periksa ART dan Ajudan Ferdy Sambo, Komnas HAM: Kami Dapat Kemajuan Signifikan


KONTENISLAM.COM - 
Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mengatakan telah mendapat bukti tambahan atas pemeriksaaan terhadap asisten rumah tangga (ART) dan Aide-de-camp (ADC) dari Kadiv Propam Ferdy Sambo atas penyebab kematian Brigadir J. 

Hal itu didapat setelah Komnas HAM memeriksa ART dan Ajudan tersebut kurang lebih selama 8 jam yakni dari pukul 10.15- 17.15 WIB di gedung yang beralamat di jalan Latuharhary No.4B Menteng, Jakarta Pusat. 


"Kami mendapat kemajuan yang cukup signifikan karena ada ADC yang datang. Kami juga mendapat bukti tambahan dari test pcr dan kerangka waktu perjalanan dari Magelang ke Jakarta," papar Komisioner Komnas HAM, Mohammad Choirul Anam pada konferensi pers di gedung Komnas HAM pada Senin, (1/8/2022). 


Menurut Anam dari hasil pemeriksaan itu mereka juga mendapatkan bukti dokumen yang dapat memperkuat konstrain (rentang) waktu atau apa yang terjadi sejak awal yang nantinya dapat mendalami bukti kejadian penyebab tewasnya Brigadir J. 


Bukti dalam bentuk dokumen itu nantinya menurut Anam akan dijadikan untuk melapisi bukti dan keterangan  yang didapat dari hasil pemeriksaan terhadap para saksi. 


Anam mengungkap konstrain waktu yang didapat Komnas HAM dari bukti-bukti video yang dikumpulkan juga semakin padat. Tidak hanya dari jangka waktu namun juga kekayaan keterangan dari saksi. 


"Kepadatannya, tidak hanya dari jangka waktu tapi juga kekayaan keterangan (para saksi). Jadi kami tinggal menguji dokumen keterangan itu. 


Dokumen A  misal dicocokkan dengan informasi A dan lain sebagainya," tandas Anam. Diketahui ajudan atau aide-de-camp (ADC) dan asisten rumah tangga (ART) Irjen Ferdy Sambo datang ke Komnas HAM untuk dimintai keterangan terkait kasus baku tembak antara Bharada E dengan Brigadir Nofriyansah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J. 


Pantauan tvonenews di Kantor Komnas HAM, Jakarta Pusat, Senin (1/8/2022) mereka tiba pukul 10.15 WIB, terlihat ADC dan pengurus rumah tangga Irjen Ferdy Sambo tiba di lokasi dengan dikawal personel kepolisian. Mereka menolak berbicara pada awak media. 


Kemudian pada pukul 11.25 Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan juga  ke gedung Komnas HAM dan mengakui datang untuk melakukan pendampingan pada pemeriksaan ajudan serta ART Ferdy Sambo.


Sumber: tvOne

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
close