Peringati 17 Agustus, Jokowi Selalu Pakai Baju Adat, Tapi Tak Lakukan Ini: Semakin Terpinggirkan

Peringati 17 Agustus, Jokowi Selalu Pakai Baju Adat, Tapi Tak Lakukan Ini: Semakin Terpinggirkan

KONTENISLAM.COM - Pegiat media sosial Lukman Simandjuntak menyoroti Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang memakai baju adat Dolomani dari Buton, Sulawesi Tenggara.

Jokowi memakai baju adat Dolomani ketika menhgadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), Rabu (17/8/2022).

 

"Hari ini, 17 Agustus 2022, saya menghadiri upacara peringatan HUT Kemerdekaan ke-77 RI dengan baju Dolomani," ujar presiden dalam akun Twitter @jokowi.


Baju adat yang dipakai Jokowi didominasi warna merah dan putih, dengan bagian dalam pakaian berwarna putih, sementara bagian luarnya merah, serta menggunakan peci merah dengan kain di bawahnya.


Baju adat Dolomani mempunyai warna asli hitam dan corak putih, namun karena untuk memperingati hari kemerdekaan 17 Agustus, maka dipesan khusus berwarna bendera RI.


"Setiap hari kemerdekaan, presiden memakai pakaian adat, namun pengakuan akan hak2 masyarakat adat semakin terpinggirkan," ungkap Lukman Simandjuntak yang dikutip dari Twitter @hipohan, Kamis (18/8).


Setiap hari kemerdekaan, presiden memakai pakaian adat, namun pengakuan akan hak2 masyarakat adat semakin terpinggirkan. ???? pic.twitter.com/AMeUwQ38d5


— Lukman Simandjuntak (@hipohan) August 17, 2022

Namun, masyarakat adat seperti diabaikan dalam Undang-undang Ibu Kota Negara (IKN), lantaran dianggap melanggar hak konstitusional warga.


Sekitar 84 kepala keluarahan (KK) yang tinggal dalam radius 6 kilometer dari titik nol IKN di Kabupaten Penajem Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, mengaku belum pernah dibilbatkan dalam proyek IKN.


Masyarakat Adat Balik menyebutkan bahwa pemerintah belum pernah mengajak mereka berkomunikasi mengenai pemindahan IKN pada wilayah adatnya, padahal mereka terdampak langsung.[wartaekonomi]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close