Sopir Bus Shalawat di Mekkah Dipecat Gara-gara Minta Tip Jemaah Haji - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sopir Bus Shalawat di Mekkah Dipecat Gara-gara Minta Tip Jemaah Haji

Sopir Bus Shalawat di Mekkah Dipecat Gara-gara Minta Tip Jemaah Haji


KONTENISLAM.COM - 
Seorang sopir bus shalawat di Mekkah dipecat gara-gara minta tip terhadap jemaah Haji Indonesia. Hal itu dinyatakan Kepala Seksi Transportasi Daerah Kerja Mekkah, Asep Subhana.

"Sepanjang kita pantau tidak ada kendala yang signifikan. Walaupun ada hal kecil tapi tidak mempengaruhi jemaah, di dua hari pelayanan awal ada sopir yang terindikasi meminta tip kepada jamaah langsung kita pecat," kata Asep, Senin (1/8/2022).


Menurut Asep, jika sopir meminta tip dengan paksaan, ada laporan baik foto dan video, langsung dilaporkan ke perusahaan bus dan diminta ganti supir.


"Alhamdulillah, sampai hari ini kita tidak mendengar lagi sopir-sopir yang meminta baksis atau tip," katanya.


Namun, Asep mengatakan jika ada jamaah yang ingin memberikan uang sebagai sedekah kepada supir bus shalawat tidak dilarang. Yang dilarang adalah jika supir meminta secara paksa ke jamaah.


"Kalau jamaah yang memberikan dengan sukarela karena merasa sudah dilayani selama di Mekkah ini, di catatan kami ada 46 hari layanan bus shalawat dan jamaah merasa puas dengan pelayanan tersebut, silakan memberikan sedekah," katanya.


Asep mengatakan, hingga Sabtu (30/7), sebanyak 29 unit bus shalawat masih tersedia memberikan layanan mengantar jamaah haji dari hotel ke Masjidil Haram, Mekkah.


"Total bus shalawat yang beroperasi sampai 30 Juli sebanyak 29 bus," kata Asep. Selama penyelenggaraan ibadah haji di Mekkah, lebih dari 200 bus shalawat melayani jamaah.


Lebih lanjut dia mengatakan seiring dengan keberangkatan jamaah haji ke Madinah, bus shalawat juga akan berkurang.


Namun bus shalawat akan beroperasi sampai 4 Agustus 2022 sampai jamaah haji terakhir diberangkatkan ke Madinah dari Mekkah.


Sumber: suara

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
Menyalin
close