THE PHYSICIAN, Kemajuan Kedokteran Islam vs Keterbelakangan Inggris - KONTENISLAM.COM Berita Terupdate

THE PHYSICIAN, Kemajuan Kedokteran Islam vs Keterbelakangan Inggris

 

KONTENISLAM.COM - The Physician (2013)

THE PHYSICIAN (The Physician = Dokter). Film yang menceritakan kehidupan manusia pada abad 11, khususnya di Inggris dan Persia (Peradaban Islam) secara kontras.
Inggris di abad pertengahan masih menceritakan kondisi masyarakat yang terbelakang dan menjadikan agama sebagai satu-satunya solusi bagi setiap permasalahan. Bahkan penyakit-penyakit berat seperti usus buntu dilarang diobati secara medis oleh otoritas Gereja. Cukup dengan membacakan do'a dan memohon kesembuhan pada Tuhan. Sampai akhirnya Ibu dari tokoh utama harus meregang nyawa karena penyakit usus buntunya tidak diobati. Walaupun memang ilmu kedokteran sendiri belum ada saat itu dan satu-satunya orang yang bisa mengobati berbagai penyakit ringan adalah seorang tukang cukur yang disebut "Barber".

Sementara di Persia, ilmu kedokteran sudah ada berkat Avicenna (Ibnu Sina). Walaupun penggambaran Ibnu Sina tidak akurat dengan buku-buku yang dianggap otoritatif tentang tokoh tersebut, tapi setidaknya merefleksikan tafsir atas kehidupan sang tabib dari Isfahan, serta konteks dimana dia hidup. Robert Cole, sang tokoh utama sampai harus menempuh perjalanan jauh ke Persia untuk belajar ilmu kedokteran dan pengobatan secara medis. Ilmu pengobatan yang kelak dia bawa pulang ke Inggris dan akhirnya merubah paradigma masyarakatnya.

***

Dulu peradaban Islam menjadi barometer bagi bangsa-bangsa lain, tapi sekarang masa keemasan itu sudah runtuh. Bangsa Eropa sekarang justru menjadi yang terdepan di bidang medis dan kedokteran. Sementara bangsa-bangsa yang mayoritas muslim masih saja ada yang percaya pengobatan ala dukun berkedok agama, khususnya di Indonesia. Miris...

(By Prayoga Hadiant)

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close