TKP dan Pelaku Jelas, Pakar Ungkap Tak Perlu Gunakan Scientific Criminal Investigation: Jangan Menambah Rasa Halu Masyarakat! - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

TKP dan Pelaku Jelas, Pakar Ungkap Tak Perlu Gunakan Scientific Criminal Investigation: Jangan Menambah Rasa Halu Masyarakat!


KONTENISLAM.COM - 
Pakar hukum pidana, M Taufiq, membahas perkembangan terbaru kasus polisi tembak polisi antara Brigadir J dan Bharada E.

M Taufiq menilai scientific criminal investigation tidak diperlukan dalam menangani kasus tersebut karena tempat kejadian perkara atau TKP dan pelaku penembakan sudah jelas.

 

Lebih lanjut, ia mengatakan investigasi tersebut bisa dilakukan dalam kasus seperti orang meninggal di laut dalam kedalaman tujuh meter.


“Scientific criminal investigation bisa kalau meninggalnya di laut. Mungkin di laut di kedalaman 7 meter butuh seperti itu,” ujar M Taufiq di kanal YouTube Refly Harun pada Senin (1/8).


Jenis investigasi itu diterapkan pada kasus dimana orang awam bahkan tidak bisa mengungkap, seperti yang dicontohkan sebelumnya.


Dengan diterapkannya scientific criminal investigation justru menambah rasa halu masyarakat yang berujung pada pemberitaan yang tidak benar atau hoax.


“Jadi nggak seperti itu menurut saya. Jangan menambah rasa halu, rasa halunya masyarakat yang justru menciptakan berita-berita yang tidak benar, termasuk berita hoax,” ujar M Taufiq.


Kasus polisi tembak polisi yang terjadi di rumah Irjen Ferdy Sambo melibatkan dua ajudannya, yaitu Brigadir J dan Bharada E dan menewaskan seorang ajudan yaitu Brigadir J. [wartaekonomi]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
close