Unik, 2 Pulau Berjarak 4 Kilometer tapi Beda Waktu 21 Jam

KONTENISLAM.COM - Tahukah kamu, di bumi ini ada dua pulau yang terpisah jarak beberapa kilometer tapi perbedaan waktunya hampir sehari. Pulau itu masing-masing milik di Rusia dan Amerika Serikat.

 

Dua pulau itu bernama Big Diomede dan Little Diomede yang berada di Selat Bering. Big Diomede terletak di titik paling timur Rusia sedangkan Little Diomede terletak di Amerika Serikat.


Keduanya dipisahkan laut dengan jarak 3,8 kilometer atau hampir 4 kilometer. Namun ada fakta menarik bahwa kedua pulau ini punya perbedaan waktu 21 jam dan 20 jam saat musim panas.


Pulau-pulau ini pertama kali diberi nama oleh navigator Denmark-Rusia, Vitus Bering. Ia pertama kali melihat pulau-pulau itu pada 16 Agustus 1728. Bering memutuskan untuk menamainya dengan nama santo Yunani Diomede.


Keunikan kedua pulau diangkat seorang pengguna Tiktok melalui akun Content Dropped. Perbedaan waktu yang signifikan itu berlaku karena Big Diomede dan Little Diomede dipisahkan Batas Penanggalan Internasional (International Date Line).


Akibatnya, waktu di Big Diomede 21 jam lebih cepat dari Little Diomede. Karena perbedaan waktu ini, kedua pulau dijuluki sebagai Pulau Besok (Tomorrow Island) dan Pulau Kemarin (Yesterday Island).


Selama musim dingin, jembatan es biasanya terbentuk membentang di antara kedua pulau tersebut. Ini memungkinkan orang berjalan kaki di antara dua pulau. Akan tetapi hal itu dilarang dilakukan.


Sementara itu warganet di Tiktok mengungkapkan komentar beragam terkait Big Diomede dan Little Diomede. Mereka juga memberikan ide-ide unik yang dapat dilakukan ketika berada di kedua pulau.


"Kamu bisa berada di satu pulau saat tahun baru dan saat ke pulau satunya akan mundur setahun," kata salah satu akun.


"Bayangkan bekerja di kedua pulau itu, kamu bisa melakukan kerja 2 shift durasi 8 jam di hari yang sama," tulis yang lain.[detik]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close