Viral! Deretan Tokoh Dunia di Chatham House, Anies Salah Satunya - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Viral! Deretan Tokoh Dunia di Chatham House, Anies Salah Satunya

 

KONTENISLAM.COM - Video pendek deretan tokoh dunia yang pernah diundang dalam acara diskusi di Chatham House, London, Inggris mendadak viral di media sosial.

Salah seorang warganet di TikTok @elcampoputa mengunggah video para tokoh di dunia yang hadir menjadi pembicara di acara Chatham House. Dalam deretan tokoh dunia tersebut, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi salah satu tamu undangan di acara bergengsi itu dan sejajar dengan tokoh dunia lainnya.


“Deretan tokoh dunia yang diundang Chatham House, London,” tulis @elcampoputa yang dikutip KBA News di Jakarta, Kamis, 4 Agustus 2022.


Di video itu menyebutkan deretan nama tokoh dunia yang pernah diundang di Chatham House, yakni Elizabeth Alexandra Mary atau lebih dikenal dengan Ratu Elizabeth II, The Queen of United Kingdom, Carlos Andrés Alvarado Quesada Presiden Kosta Rika ke-48, Recep Tayyip Erdoğan Presiden Turki ke-12, Yoichi Masuzoe mantan Gubernur Tokyo, Jepang periode 2014-2016.


Kemudian, Lee Hsien Loong Perdana Menteri Singapura ketiga, Mahathir bin Mohamad mantan Perdana Menteri Malaysia ke-4 dan ke-7, Chung-in Moon Penasehat Khusus untuk Presiden Moon Jae-in dari Korea Selatan untuk Urusan Luar Negeri dan Keamanan Nasional, Riyad al-Maliki Menteri Urusan Luar Negeri Otoritas Nasional Palestina.

Tokoh dunia lainnya, seorang pendiri konsep kredit mikro dari Bangladesh Muhammad Yunus, Yukon Huang senior dan rekan peneliti di Program Asia, Carnegie Endowment, Hillary Diane Rodham Clinton Menteri Luar Negeri Amerika Serikat 67 sekaligus istri mantan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton, Mohammed bin Abdulrahman bin Jassim al-Thani Wakil Perdana Menteri dan Menteri Luar Negeri Qatar, H.E. Mr. Adel bin Ahmed Al-Jubeir Menteri Luar Negeri Arab, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.


Unggahan itu pun mendapat beragam komentar dari warganet. Mereka berdecak kagum dengan kehebatan Anies yang bisa diundang di acara bergengsi kelas dunia. Menurut warganet, hal tersebut merupakan pencapaian yang luar biasa bagi Indonesia. Sebab, salah satu tokoh di Tanah Air dapat sejajar dan diakui dunia.


Seperti warganet @Kikie80 menuliskan. “Memperbaiki nama Indonesia di kancah internasional,” katanya.


“Mr Anies Baswedan bagaikan presiden yang berwibawa di mata dunia internasional. Jateng pendukung Anies Baswedan,” tutur @Dilan074.


“Merinding bacanya ternyata Bapak Anies salah satu tokoh dunia yg pernah di undang, SELURUH RAKYAT INDONESIA BANGGA PADAMU,” ujar @muhisman2.


“Masya Allah..bangga gubernur DKI Jakarta di undang dan sejajar dengan para tokoh dunia yang hebat-hebat,” imbuh @Fara.utami.


“Aku ikut bangga dengan di undangnya pak anies meskipun dia bukan gubenurku. Inshaa Allah akan jadi presidenku di th 2024,” harap @tutik tantina.


Seperti diketahui, pada Mei 2022 lalu Gubernur Anies Baswedan melakukan perjalanan dinas luar negeri ke beberapa negara di Eropa. Di sela-sela kunjungan tersebut Anies mendapatkan undangan untuk diskusi di Chatham House, London, Inggris, pada Jumat, 13 Mei 2022.


Dalam diskusi yang dipandu oleh mantan peneliti Lowy Institute Australia, Benjamin ‘Ben’ Bland sekaligus sahabat lama Gubernur Anies, Ia membahas tentang ‘A World Connected Through Megacities’.


Mantan Rektor Universitas Paramadina itu, berbicara mulai dari pembangunan di Jakarta hingga peran Indonesia dalam dunia internasional.(kba)

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam