Waduh! Utang Negara Naik Rp121 T, Padahal APBN Surplus Rp73 T, ini Jadi Sorotan: Perlu Diwaspadai... - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Waduh! Utang Negara Naik Rp121 T, Padahal APBN Surplus Rp73 T, ini Jadi Sorotan: Perlu Diwaspadai...

Waduh! Utang Negara Naik Rp121 T, Padahal APBN Surplus Rp73 T, ini Jadi Sorotan: Perlu Diwaspadai...


KONTENISLAM.COM - 
Mantan Sekretaris BUMN Said Didu menyinggung mengenai utang negara yang dalam sebulan naik menjadi Rp121 triliun, kemudian tembus menjadi Rp7.123,62 triliun pada bulan Juni.

Pada bulan Mei 2022, utang negara senilai Rp7.002 triliun, dan kenaikan pada bulan juni ini mencakup 39,56 persen dari produk domestik bruto (PSB).

 

Utang pemerintahan didominasi oleh surat berharga negara (SBN) yang mencapai 88,46 persen dan sisanya pinjaman 11,54 persen, berdasarkan catatan Kementerian Keuangan.


Said Didu menyebutkan bahwa Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) mengalami surplus atau penerimaan negara lebih besar daripada pengeluaran.


"APBN surplus kok utang nambah? Berita sblmnya bhw APBN semester I 2022 surplus sbsr Rp 73 t, kok utang nambah Rp 121 t?," ucapnya yang dikutip dari Twitter @msaid_didu, Selasa (2/8).


Ini bisa berarti dua hal, yaitu surplus tersebut bisa disebabkan karena pengeluaran yang tertunda, serta penarikan utang yang melebihi kebutuhan.


"Artinya : 1) Surplus tsb disebabkan krn pengeluaran yg tertuda - smtr penerimaan blm aman shg tetap hrs narik utang. 2) penarikan utang melebihi kebutuhan," bebernya.


Namun, ekspor ilegal perlu diwaspadai, karena bisa jadi hasilnya merupakan perampokan uang negara oleh cukong, dan dalam kasus ini keterlibatan pejabat negara perlu dipertanyakan.


"Perlu diwaspadai 'export ilegal' hasil perampokan uang negara oleh cukong2 garong apakah melibatkan pejabat negara ??" cuit akun Twitter @cadi***.[wartaekonomi]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
close