Harga BBM Vivo Revvo 89 Naik Jadi Rp 11.600, Dan Tidak Akan Jual Revvo 89 Karna Larangan Pemerintah - KONTENISLAM.COM Berita Terupdate

Harga BBM Vivo Revvo 89 Naik Jadi Rp 11.600, Dan Tidak Akan Jual Revvo 89 Karna Larangan Pemerintah

 

KONTENISLAM.COM - Publik dikejutkan dengan kenaikan (lagi) harga BBM 'murah' Vivo jenis Revvo 89.

PT Vivo Energy Indonesia resmi menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk produk Revvo 89 menjadi Rp 11.600 per liter dari sebelumnya Rp 10.900 per liter. 


Penyesuaian tersebut diketahui mulai terjadi pada Selasa (27/9/2022).


BBM jenis Revvo 89 sendiri rencananya akan dihapus mulai tahun depan menyusul jenis bensin dengan nilai oktan (RON) 88 Premium yang lebih dulu hilang dari pasaran. 


Rencana penghapusan Ron 89 tersebut mulai akan berlaku pada 1 Januari 2023.


Direktur Teknik dan Lingkungan Kementerian ESDM Mirza Mahendra menegaskan standar dan mutu (spesifikasi) BBM dengan oktan 88 akan resmi dicabut. Dengan begitu, dinyatakan tidak akan berlaku lagi mulai tahun mendatang.


"Mulai 1 Januari 2023 (dihapus), sehingga jenis bensin 88 tidak dipasarkan di dalam negeri mulai tanggal tersebut," ujar Mirza kepada CNBC Indonesia, Rabu (7/9/2022).

 

Menurut Mirza jenis Ron 88 merupakan BBM yang mempunyai oktan terendah di Indonesia. Adapun sejauh ini, BBM Premium milik Pertamina memiliki nilai oktan tersebut.


Meski begitu, selain Premium yang dijual oleh Pertamina, terdapat juga BBM dengan nilai oktan rendah yang dijual oleh SPBU PT Vivo Energi Indonesia yakni Revvo 89 yang masuk daftar penghapusan. 


"Mereka (Vivo) memenuhi karakteristik spek Ron 88, tapi di bawah Ron 90," ujarnya.


PT Vivo Energi Indonesia sebelumnya mengaku tidak akan menjual BBM jenis Ron 89 yakni Revvo 89. Hal tersebut seiring dengan keputusan pemerintah yang melarang penjualan BBM beroktan rendah di SPBU dalam waktu dekat.


Manajemen Vivo menyebut bahwa pemerintah telah memutuskan untuk menghapus penjualan BBM beroktan rendah pada tanggal 31 Desember 2022 mendatang. Oleh sebab itu, guna mematuhi kebijakan itu, perusahaan berencana untuk menghabiskan stok Revvo 89 terlebih dahulu.


"Untuk mematuhi kebijakan pemerintah, PT Vivo Energy Indonesia telah mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menghabiskan persediaan Revvo 89 kami pada akhir tahun ini," ujar manajemen melalui keterangan tertulis yang dikutip CNBC Indonesia, Selasa (6/9/2022).


Manajemen juga menjelaskan bahwa produk Revvo 89 sendiri sebenarnya merupakan produk BBM yang tidak disubsidi. Sehingga harga jualnya ditentukan oleh harga BBM internasional serta peraturan lokal tentang formula harga jual maksimum.


Berikut daftar lengkap harga BBM Vivo di SPBU per hari ini:


- Revvo 89 Rp 11.600 per liter.

- Revvo 92 Rp 15.400 per liter.

- Revvo 95 Rp 16.100 per liter.


(Sumber: CNBCIndonesia)

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close